PTK tahun 2023, Racana Rohana Kudus UIN IB Kenalkan Budaya SUMBAR di Tanah Sulawesi

0
1955

 
Padang TIME | Dalam rangka Perkemahan Wirakarya Nasional Pendidikan dan Latihan Kepemimpinan (PTK) tahun 2023, Dengan mengusung tema Tumbuhkan Semangat Cinta Tanah Air, Racana Rohana Kudus Gudep UIN Imam Bonjol Padang, turut tampil dalam pergelatan pentas seni yang digelar di bumi perkemahan kampus 2 IAIN Sultan Amai Gorontalo. Kamis (25/5/2023).
Para peserta menampilkan tari Kolaborasi, yang diawali dengan sedikit pantun minang dan dilanjutkan dengan penampilan silat yang diiringi pemain obor api, kemudian dilanjutkan dengan nari bagurau kemudian di tutup dengan balagu taragak pulang dan nasi Padang, karena di Minangkabau terdiri dari berbagai macam seni.
Hal yang menarik adalah silat dan bagurau yang ada di Minang dilakukan secara berkelompok, memiliki makna yang dalam. Salah satunya adalah silat dan tari bagurau. Dimana gerakannya untuk mempertahankan dan membela diri terhadap serangan.
Disamping itu Tari Bagurau dalam bahasa Indonesia disebut juga berdendang. Bagurau di minangkabau dilakukan dengan berpantun yang mempunyai makna.
Para peserta tampak menampilkan tariannya dengan semangat. Dengan adanya kegiatan ini tentunya Racana Rohana Kudus UIN Imam Bonjol Padang turut membantu memperkenalkan budaya Sumatra Barat di Tanah Sulawesi. (pt)
bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini