ad
oleh :Dr. Rita Rahayu, SE, MSi, AK, PhD, CRA, CRP
PadangTIME.com – Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan vokasi pada tingkat sekolah menengah, kementrian pendidikan telah mencanangkan salah satu program revitalisasi SMK yang disebut sebagai SMK PK (SMK Pusat Keunggulan).
Untuk mensukseskan program tersebut, setidaknya terdapat enam program yang telahdicanangkan oleh pemerintah. Kegiatan tersebut meliputi pengembangan dan penyelarasan kurikulum, inovasi  pembelajaran, pemenuhan dan peningkatan profesional  guru dan tenaga kependidikan, stan dari sasisarana dan prasarana utama, penataan dan pengelolaan kelembagaan, serta kerjasama sekolah dengan dunia usaha/industri dan perguruantinggi.
Program Diploma III Fakultas Ekonomi Universitas Andalassebagai salah satu program Pendidikan vokasi yang terkemuka di Sumatera Barat mencoba mengambil peran dengan berkontribusi untuk mendorong pengembangan SMK yang ada di lingkup Tanah Datar Sumatera Barat tepatnya SMK N 1 Batusangkar.
Diketuai oleh Dr. Rita Rahayu, SE, MSi, AK, PhD, CRA, CRP selakuKoordinator Program Diploma III FakultasEkonomi Universitas Andalas, tim pengabdi dari D3 Unand ini melakukan sosialisasi dan sharing session dengan guru-guru di SMK N 1 Batusangkar.  Kegiatan ini dilakukan pada hari Kamis 7 Oktober 2021 dan dihadiri oleh kepala sekolah SMK N 1 Batusangkar yaitu Bpk Febrison, M.Pd.T dan juga Waka KurikulumSyofriani, M.PdE serta para guru.
Dalam kesempatan ini, Tim Pengabdi menjelaskan tentang program SMK PK yang di launching awal tahun 2021 ini oleh Direktorat Jenderal Vokasi.
Tim pengabdi juga menjelaskan tentang link and match 8 + 1 yang terdiri dari kurikulum yang disusun Bersama dengan dunia kerja, pembelajaran berbasis project riildari dunia kerja (PJBL), jumlah dan peran guru/instruktur dari industry dan ahli dari dunia kerja, praktik kerja lapangan/industry, sertifikasi kompetensi guru, update teknologi dan pelatihan bagi guru/instruktur, riset terapan pendukung teaching factory dan komitmen serapan.
Dengan pengalaman yang cuku psebagai tim pendamping SMK-PK, tim pengabdi dari program d3 Unand ini juga melakukan sharing session terkait dengan kegiatan SMK-PK yang dilakukan oleh SMK unggulan lain yang berasal dari daerah lain.
Diharapkan kegiatan ini dapat mendorong dan membantu SMK N di Sumbar umumnya dan SMKN 1 Batusangkar khususnya untuk dapat mempersiapkan diri menuju SMK-PK di tahun 2022 nanti. Dengan semakin banyaknya jumlah SMK yang ada di Sumatera Barat mendapatkan hibah SMK-PK ini tentunya akan dapat meningkatkan kualitas lulusan SMK dan dapat terserap dengan baik. (PT)
bebi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here