ad
PadangTIME.com – Polres Kota Payakumbuh, Sumatera Barat telah menyiapkan beberapa alternatif jalan untuk mengantisipasi kemacetan karena ramainya kendaraan pada malam pergantian tahun.

“Benar, kami dari Polres Payakumbuh telah menyiapkan beberapa alternatif dalam mengantisipasi dan mengurai kemacetan di jalan utama Kota Payakumbuh,” kata Kasat Lantas Polres Payakumbuh AKP Yuneldi Chainir di Payakumbuh, Kamis.

bebi

Ia mengatakan bagi pengendara yang datang dari arah Kota Bukittinggi ke Pekanbaru atau sebaliknya telah disiapkan dua alternatif pengalihan arus lalu lintas.

“Pertama itu masuk ke simpang Bypass Ngalau dan keluar di simpang Tanjung Anau atau sebaliknya. Kedua masuk dari Simpang Pancoran dan keluar di Simpang Kaning Bukik atau sebaliknya,” ujarnya.

Pada lokasi tersebut, selain penutupan jalan pengendara yang tidak mengenal jalan tersebut juga bisa minta diarahkan oleh petugas yang nantinya akan berada di persimpangan tersebut.

“Alternatif ini nantinya akan menyesuaikan saja, apabila kendaraan memang terpantau ramai baru dilakukan. Apabila masih terpantau normal, tentu normal juga,” kata dia.

Selain itu, dalam mengantisipasi kemacetan di pusat kota pihaknya juga telah menyiapkan alternatif dengan menutup beberapa jalur putar balik yang diprediksi akan menyebabkan kemacetan.

“Ada lima jalur putar balik yang akan kami tutup, yaitu yang berada di dekat simpang sumber jaya, depan SPBU Parit Rantang, depan rumah makan pergaulan, di depan RSIA Annisa dan di depan sinar pagi,” ujarnya.

Selain jalur alternatif dan penutupan beberapa jalur putar balik, aparat kepolisian bersama dengan Dinas Perhubungan Kota Payakumbuh dan petugas lainnya juga akan mengamankan setiap persimpangan di pusat kota.

“Setelah itu, kami juga akan tetap memantau lokasi-lokasi lainnya dengan cara berpatroli. Jika ada kemacetan di satu titik, petugas yang berpatroli ini yang akan mengurainya,” kata dia.

Ia mengimbau agar seluruh pengendara untuk terus mengutamakan keselamatan dan keamanan dalam berkendara dengan mematuhi aturan lalu lintas dan petunjuk dari petugas.

“Jangan lupa juga untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, karena kita masih dalam pandemi COVID-19,” ujarnya. (PT)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here