PMI Dan BPBD Kota Pariaman Gelar Pelatihan Dasar Bagi KSR Dari Mahasiswa

0
272
ads
Padang TIME – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Pariaman bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pariaman lakukan kegiatan Pelatihan Dasar Korps Sukarela (KSR) PMI Kota Pariaman tahun 2022.
Pelatihan yang dilaksanaan selama tujuh hari terhitung sejak 21-28 Maret 2022, di Aula Hotel Safari Inn, Desa Taluak, Kota Pariaman, yang dibuka secara resmi oleh Walikota Pariaman Genius Umar melalui Asisten ll Setdako Pariaman, Elfis Chandra, Senin (21/3/2022), dengan peserta 40 orang dari kalangan mahasiswa-mahasiswi kampus yang ada di Kota Pariaman.
Korps Sukarela (KSR) adalah kesatuan unit PMI yang menjadi wadah bagi anggota biasa dan perseorangan yang atas kesadaran sendiri menyatakan menjadi anggota KSR.
Elfis Chandra, dalam kesempatan tersebut menyampaikan pelatihan ini mampu memberikan pengetahuan dan pengalaman secara solidaritas bagi KSR untuk memahami dalam bertindak saat terjadinya bencana, karena daerah Kota Pariaman merupakan salah satu daerah yang rawan bencana.
” Pusat penanggulangan bencana ini memberikan dampak positif yaitu sebagai pusat investigasi bencana atau pra bencana dalam menyiapkan kita menghadapi potensi bencana dan penanggulangan bencana (pra bencana), kemudian prasangka darurat, yang merupakan upaya yang dilakukan untuk menghadapi saat terjadinya bencana dan pasca bencana,” ujar Elfis.
Melalui pelatihan tersebut, Elfis berharap pelatihan ini dapat di ikuti dengan baik sehingga mampu meningkatkan peran PMI dalam tugas-tugas kemanusiaan dan tugas-tugas lainnya, dalam rangka membantu Pemerintah menjalankan urusan wajib pemerintahan di bidang kebencanaan.
Sementara itu, Ketua PMI Kota Pariaman, Mulyadi, menyampaikan PMI Kota Pariaman berdasarkan data tahun 2021, hanya memiliki  43 orang relawan yg terdata, sedangkan yg aktif sampai saat ini hanya sekitar 25 orang.
” Maka melihat kondisi ini, maka kami menjadikan Pelatihan KSR hari menjadi prioritas utama dalam program kerja tahun ini serta melakukan koordinasi dan kerjasama dengan BPBD Kota Pariaman, sehingga kegiatan ini terlaksana seperti saat ini,” ujar Mulyadi.
PMI Kota Pariaman, di tahun 2022, juga mendapatkan bantuan dana hibah dari Pemko Pariaman sebesar Rp. 354 juta, ditambah dengan program kerjasama pada BPBD sebesar Rp. 200 juta dan Dinas Kesehatan Kota Pariaman sebesar Rp. 100 juta, sehingga sejak dikukuhkan pada Desember 2021 lalu, berbagai kegiatan telah dilaksanakan dengan baik.(pt)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini