ad
PadangTIME.com – Dalam mendukung percepatan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB), PT PLN (Persero) akan memberikan diskon 30% setiap pengisian daya baterai di rumah.
“Kami memang mendorong supaya lebih banyak lagi pengisian daya di rumah. Untuk itu, kami memberikan beberapa insentif kalau isi daya di rumah jam 10 malam sampai jam 5 pagi akan diskon 30%,” ujar Direktur Mega Proyek PLN Ikhsan Asaad, dalam rapat dengan Komisi VII DPR RI, Senin (1/2/2021).
Ikhsan menambahkan, saat ini PLN sudah membangun 30 SPKLU yang tersebar di 22 lokasi di beberapa kota Indonesia. Pihaknya akan mendorong lebih banyak lagi pembangunan SPKLU.
Selain itu, pihaknya juga bekerja sama dengan dealer mobil listrik apabila ada pelanggan yang membeli mobil listrik akan langsung dibantu.
“Misalkan ingin menambah daya, itu langsung kami bantu. Itu upaya-upaya kami untuk mendukung EV di Indonesia,” jelasnya.
Dia menjelaskan, biaya pengisian daya listrik untuk mobil listrik lebih murah dibandingkan penggunaan bensin pada kendaraan konvensional.
Contoh, penggunaan mobil listrik untuk rute Jakarta-Bali hanya membutuhkan biaya sekitar Rp200.000 untuk isi daya listrik. Sementara untuk bahan bakar minyak mencapai Rp1 juta, namun kendaraan listrik masih jauh lebih mahal dibandingkan kendaraan berbahan bakar bensin.
Hal ini harena masih dikenai pajak penjualan atas barang mewah sekitar 30%.
“Untuk ke depannya, kami mengharapkan dukungan bagaimana open tarif ini sehingga investasi menjadi menarik. Kalau dibandingkan kendaraan berbahan bakar minyak, kendaraan listrik lebih efisien,” tuturnya.  (pt)
bebi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here