Padang TIME.com-Pesisir Selatan-Pemerintah Provinsi Sumatera Barat melalui Dinas Pariwisata memasukan Kabupaten Pesisir Selatan dalam event kalender wisata Provinsi Sumatera Barat 2020. Bahkan, Pemprov Sumbar juga menjadikan Kabupaten Pesisir Selatan sebagai lokasi Festival Ekonomi Kreatif tahun 2020. Hal itu dikemukakan Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Pesisir Selatan, Hadi Susilo, Rabu (15/1).

Dikatakan, dimasukannya Kabupaten Pesisir Selatan dalam event kelender wisata Sumbar dan Festival Ekonomi Kreatif itu dilakukan pada rapat koordinasi antara Dinas Pariwisata Sumbar dengan Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Pesisir Selatan, Rabu (15/1) di Padang.

“Ya, Pemkab Pesisir Selatan menyampaikan terima kasih kepada Pemprov melalui Dinas Pariwisata Sumbar yang telah memasukan kabupaten ini dalam event kalender wisata Sumbar 2020. Bahkan, Pesisir Selatan juga akan dijadikan lokasi Festival Ekonomi Kreatif oleh Pemprov Sumbar tahun 2020,” ucapnya.

Lebih lanjut dikatakan, Pemkab Pessel konsisten dalam pengembangan potensi pariwisata baik peningkatan sarana dan prasarana maupun kesiapan masyarakat mendukung dan menerima kehadiran wisatawan.

Selanjutnya, pemkab gencar melakukan promosi pariwisata. Hal itu amat penting dalam rangka meningkatkan kunjungan wisatawan, sekaligus mendatangkan investasi ke Kabupaten Pesisir Selatan.

Dalam hal ini menurutnya, berbagai ajang pameran dibuka setiap tahunnya baik tingkat provinsi maupun nasional yang memberikan kesempatan bagi daerah untuk mempromosikan potensi daerahnya.

‚ÄúDari pameran ini juga dapat dijadikan sebagai bahan informasi dan evaluasi bagi Pemerintah Daerah tentang bagaimana kita dapat mendorong kemampuan daerah untuk memenangkan persaingan di pasar lokal, nasional, maupun di tingkat internasional,” ujarnya.

Dikatakan, berbagai ajang pameran yang diikuti Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan baik tingkat provinsi maupun nasional diiharapkan dapat menjadi salah satu upaya percepatan pembangunan daerah, dan mendukung upaya pemerintah dalam meningkatkan investasi, terutama disektor pariwisata.

“Kita butuh investasi dari pihak swasta baik dalam maupun luar negeri untuk pengembangan berbagai potensi unggulan daerah, terutama sektor pariwisata. Karena, daerah kita kaya akan potensi wisata yang bisa menjadi magnet bagi pengunjung seperti halnya Kawasan Wisata Bahari Mandeh,” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan, berbagai ajang pameran yang diikuti Kabupaten Pesisir Selatan selama ini menampilkan beberapa potensi pariwisata. Antara lain, objek wisata Kawasan Mandeh, Pantai Carocok Painan, Bukit Langkisau dan pulau-pulau yang berpotensi dikembangkan sebagai objek wisata.

Balang

LEAVE A REPLY