Pesisir Selatan Kembangkan Wisata Khusus Ditengah COVID-19

1086
PadangTIME.com-Pemkab Pesisir Selatan, Sumatera Barat akan fokus mengembangkan wisata minat khusus dibanding wisata massal seperti sebelumnya di tengah wabah virus COVID-19.

“Beberapa objek wisata di Pesisir Selatan akan difokuskan pada wisata minat khusus dan saat ini hal tersebut terus kami matangkan,” kata Bupati setempat, Hendrajoni usai gelaran seminar website dengan Jurusan Biologi, Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Unand Padang di Painan, Rabu.

Wisata minat khusus, lanjutnya berpeluang dilaksanakan di pulau-pulau yang ada di Kawasan Wisata Bahari Terpadu (KWBT) Mandeh.

“Kami tengah menghitung daya tampung pulau-pulau yang ada di sana serta sarana pendukung seperti boat pariwisata dan lain sebagainya,” katanya lagi.

Saat ini, pihaknya juga sedang menyiapkan aplikasi dalam jaringan yang bisa digunakan calon wisatawan untuk mendaftar sebelum berkunjung, dan melalui aplikasi itu pelaku jasa pariwisata juga bisa menyiapkan berbagai keperluan.

Aplikasi tersebut selain akan mencatat jumlah wisatawan yang berkunjung, juga akan memetakan jumlah kunjungan maksimal per hari.

Jika jumlah wisatawan telah melewati kuota yang ditentukan, maka disarankan berwisata di hari berikutnya.

Menurutnya pengembangan wisatawan minat khusus sangat efektif karena akan kembali menggairahkan dunia kepariwisataan di daerah setempat.

Selain itu kunjungan wisatawan juga berkemungkinan kecil menambah jumlah kasus COVID-19 di daerah setempat karena ada pembatasan jumlah wisatawan per hari, dengan begitu tentu pengawasan lebih mudah dilangsungkan.

Pada akhir Mei 2020, Pesisir Selatan resmi membuka objek wisata ditengah wabah COVID-19, namun dengan beberapa ketentuan. Pertama, pengelola memprioritaskan pelayanan paket perjalanan komunitas kecil seperti keluarga, kantor, dan lainnya. (PT)

Balang