Perumda Air Minum Kota Padang Bentuk Zona Air Minum Prima

540
PadangTIME.com-Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Kota Padang di usianya yang sudah menginjak 45 tahun terus berinovasi dan melakukan  berbagai langkah terobosan guna memberikan pelayanan prima kepada pelanggan, khususnya masyarakat Kota Padang, Sumatera Barat.
Salah satu terobosan dan inovasi luar biasa yang dilakukan oleh manajemen Perumda Air Minum Kota Padang adalah membuat Zona Air Minum Prima (ZAMP), sebuah sistem penyediaan air minum yang berada di satu kawasan perumahan.
ZAMP yang diluncurkan akhir tahun 2019 lalu bertepatan hari ulang tahun (HUT) PDAM Kota Padang ke-15 ini sudah berjalan di Perumahan Jala Utama yang berlokasi di Taban, bersebelahan dengan Instalasi Pengolahan Air (IPA) yang baru, yaitu IPA Taban II.
Dalam sesi Presentasi dan Wawancara Penjurian TOP BUMD Awards 2020 yang dilakukan melalui aplikasi Zoom, Kamis (28/5/2020), Direktur Utama Perumda Air Minum Kota Padang Hendra Pebrizal menjelaskan, terobosan dan inovasi ini dilakukan untuk menjadikan Perumda Air Minum Kota Padang sebagai perusahaan yang tidak hanya sebagai penyedia air bersih saja, tapi juga air siap minum sesuai nama baru perusahaan.
Sejak awal tahun 2020, BUMD ini berubah nama menjadi Perumda Air Minum Kota Padang dari sebelumnya Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Padang.
“Jadi yang kami sediakan lewat ZAMP ini adalah air siap minum langsung dari keran pelanggan, tidak perlu dimasak lagi. Pada kawasan perumahan ini benar-benar dilakukan pengontrolan dan pengawasan yang lebih, mengingat kawasan ini adalah kawasan zona air minum prima, yang artinya, sekecil apapun hal yang terkait didalam sistem penyediaan, produksi dan pendistribusiannya harus benar-benar dalam pengawasan yang ketat oleh tim yang hebat,” ujar Hendra Pebrizal yang dalam materi presentasi penjurian ini mengambil judul ‘Menjadi Lebih Baik Menuju Pelayanan Prima’.
Dewan Juri TOP BUMD Awards 2020 yang hadir pada penjurian kali ini antara lain Profesor DR Satya Arinanto dari Institute Otonomi Daerah (i-Otda), Profesor DR Laode M Kamaluddin (penasihat Majalah TopBusiness), DR Aldrin Herwany (ekonom dari Universitas Padjajaran), M Mahdum dari IRPA,  Melani K Harriman dari Melani & Associate, Dwinda Ruslan (PAKEM), S. Nitiswati  dari Lembaga Kajian Nawacita (LKN) dan M Lutfi Handayani
Ke depannya, menurut Hendra, Perumda Air Minum Kota Padang akan mengembangkan ZAMP ini ke beberapa lokasi perumahan yang ada di Kota Padang. Ini sebagai wujud dedikasi dan kerja keras Perumda Air Minum Kota Padang untuk pelanggan setianya dan warga Kota Padang khususnya.
“Terutama kita akan dahulukan di perumahan-perumahan baru yang memang sudah menggunakan pipa-pipa baru sehingga bisa menjamin penyedian air siap minum. Kami harapkan ke depan seluruh masyarakat Kota Padang bisa terlayani air siap minum dari Perumda Air Minum Kota Padang,” kata Hendra.(tis)
Balang

LEAVE A REPLY