Pengurus DPD PINKAN Sumbar Dilantik , Nova linda sebagai Ketua

0
1950

PadangTIME.com – DPP Persatuan Insan Kolintang Nasional (PINKAN) Indonesia melantik Dra. Novalinda, MH sebagai Ketua Dewan Perwakilan Daerah Sumatera Barat Pinkan Indonesia periode 2022-2026 di Hotel Truntum Padang, Kamis (8/11/2022).

Saat pelantikan ini secara simbolis dilakukan Penyerahan satu set alat kolintang dimaksudkan untuk mengapresiasi dukungan Ansambel Musik Kolintang Kayu sebagai nominasi dari Indonesia untuk bertarung memperebutkan predikat warisan budaya tak benda di UNESCO.

Untuk diketahui, PINKAN Indonesia lahir pada tanggal 27 Februari 2011. Organisasi tingkat pusat ini dibentuk oleh insan kolintang yaitu pelatih, perajin, grup, dan pemerhati.

Organisasi ini sebagai wadah pelestarian dan pengembangan jenis musik tradisional yang unik milik Indonesia yang berasal dari Minahasa, Sulawesi Utara.

Ketua DPD Sumbar PINKAN Indonesia menjelaskan Ansambel Musik Kolintang Kayu (AMKK) atau lebih dikenal dengan Kolintang telah ditetapkan sebagai salah satu warisan budaya tak benda Indonesia.

Novalinda mengharapkan UNESCO dapat mengakui kolintang sebagai warisan budaya tak benda dari Indonesia.

“Saat ini sedang berproses menuju pendaftaran ke UNESCO sebagai warisan tak benda dunia,” ujar Penny Iriana Marsetio, S.Sos melalui tayangan virtual.

Lebih lanjut, Penny menyatakan keinginannya untuk memajukan musik tradisional Indonesia sebagai bagian dari upaya membangun karakter bangsa dan menjadi identitas nasional.

Selain itu, dengan mempublikasikan kolintang sebagai alat musik yang dapat diterima di seluruh nusantara bahkan sampai ke mancanegara.

Ia mengharapkan UNESCO dapat mengakui kolintang sebagai warisan budaya tak benda dari Indonesia.

“Saat ini sedang berproses menuju pendaftaran ke UNESCO sebagai warisan tak benda dunia,” ujar Lisye Sinulingga mewakili Ketum DPP.

Lebih lanjut, Novalinda menyatakan keinginannya untuk memajukan musik tradisional Indonesia sebagai bagian dari upaya membangun karakter bangsa dan menjadi identitas nasional.

Selain itu, mempublikasikan kolintang sebagai alat musik yang dapat diterima di seluruh nusantara bahkan sampai ke mancanegara.

“Melalui Website ini masyarakat dapat mendapatkan akses informasi tentang sejarah dan alat musik kolintang yang merupakan warisan asli budaya Indonesia,” kata Novalinda.

Kadis Pariwisata Sumbar diwakili Kabid Ekonomi Kreatif Deliati, menyampaikan ucapan selamat atas pelantikan tersebut.

Perekonomian kita turun 5 persen akibat pandemi terutama bidang pariwisata dan ekonomi kreatif. Namun sekarang mulai menggeliat, terutama bidang pariwisata. Diharapkan pengurus yang dilantik ini bisa memajukan musik etnis Sumbar, ujar Deliati.

Mempersiapkan warisan budaya di Unesco
Makanya dibentuk di tiap provinsi, seluruh bangsa Indonesia. Sudah terbentuk 13 DPD, ujar Pjs Sekjen DPP Nanny Suryo.

Mengacu arahan DPP, DPD akan mengadakan lomba virtual sebagai apresiasi dengan mengundang sekolah-sekolah guna mensosialisasikannya tutup Ketua DPD Sumbar Pinkan Indonesia, Novalinda.
DPP Persatuan Insan Kolintang Nasional (PINKAN) Indonesia melantik Dra. Novalinda, MH sebagai Ketua Dewan Perwakilan Daerah Sumatera Barat Pinkan Indonesia periode 2022-2026 (susi/Tis)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini