ad
PadangTIME.com- Pemerintah akan membuka lowongan atau seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) lagi pada tahun ini. Ini menjadi kabar gembira bagi masyarakat mengingat pada tahun lalu tidak ada lowongan CPNS 2020 karena ada pandemi.
Plt Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Teguh Widjinarko mengatakan, pada tahun ini ada sekitar 160.000 formasi yang akan dibuka.
Angka tersebut merupakan akumulasi dari kebutuhan pegawai pada tahun lalu.
Karena instansi juga sangat membutuhkan pegawai menyusul adanya yang pensiun. Sedangkan pada tahun lalu tidak ada seleksi CPNS karena adanya covid dan masih belum rampungnya seleksi untuk tahun anggaran 2019.
“Iya hanya sekitar 160.000 untuk CPNS. Sudah akumulasi,” ujarnya saat dihubungi MNC Portal Indonesia di Jakarta, Selasa (16/2/2021).
Sebenarnya, kebutuhan pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) pada tahun ini adalah 1,3 juta. Namun, untuk pemenuhan pegawai lewat skema rekrutmen CPNS hanya 160.000 saja.
Dari jumlah tersebut, formasi yang akan dibuka untuk pemerintah daerah mencapai 119.000. Nantinya, formasi tersebut akan mengisi jabatan mon fungsional atau teknis seperti tenaga kesehatan.
Sedangkan untuk instansi pusat akan dibuka sebesar 41.500 formasi pada CPNS tahun ini. Angka tersebut sekitar 50% dari total kebutuhan pegawai di instansi pemerintah pusat.
“CPNS (daerah) untuk berbagai jabatan teknis yang sangat diperlukan termasuk tenaga kesehatan. CPNS instansi pemerintah pusat untuk berbagai jabatan sesuai kebutuhan masing-masing instansi,” jelasnya. (pt)
bebi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here