Pemprov Sumbar Tingkatkan Pemerataan Pendidikan

405
PadangTIME – Pemerintah Provinsi Sumatera Barat terus mendorong peningkatan pemerataan pendidikan di daerahnya. Apalagi sejak pelimpahan kewenangan dari kabupaten dan kota ke provinsi sesuai UU Nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah.
Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit mengatakan, ribuan guru SMA/SMK kini menjadi tanggungjawab provinsi, maka untuk pemerataan perlu dilakukan dengan cara peningkatan kualitas tenaga pendidik serta sarana dan prasarana pendukung pendidikan.
Terkait tenaga pendidik harus dilakukan inventarisasi seluruh tenaga kependidikan baik guru SMA-SMK termasuk tenaga tata usaha baik PNS (Pegawai Negeri Sipil) maupun tenaga kontrak/honor K2. Kemudian Inventarisasi semua aset sarana prasarana SMA-SMK pelimpahan dari kab/kota ke propinsi 3. Melakukan pemetaaan tenaga kependidiknan yg tersebar diseluruh SMA-SMK
Selanjutnya melakukan tes pemetaan terhadap Kepala SMA-SMK maupun calon Kepala SMA-SMK bagi yg terbaik diangkat menjadi kepala sekolah. Berikut melakukan pembangunan maupun rehabilitasi ruang kelas, laboratorium SMA-SMK serta perbaikan sarana prasarana dan melengkapi perlatan yang berkaitan dengan proses belajar mengajar termasuk untuk bahan praktek labor.
Terakhir meningkatkan kualitas siswa, bagi siswa SMA disiapkan untuk masuk Perguruan Tinggi Negeri terutatama yang pavorit dan bagi lulusan SMK disiapkan masuk pasaran kerja.
“Semua itu sudah dilakukan, mulai dari pergantian kepala sekolah beberapa minggu terakhir hingga terus memperbanyak pengadaan komputer untuk UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer),” ujarnya.
Kemudian, untuk siswa SMK Pemprov Sumbar telah bekerjasama dengan beberapa perguruan tinggi negeri dan (BLK (Balai Latihan Kerja) untuk meningkatkan kualitas siswa.
“Kami berharap kedepan makin ada peningkatan terutama untuk daerah yang masih tertinggal yakni Mentawai, Pasaman Barat dan Solok Selatan. Begitu juga daerah yang masih sulit akses,” tukasnya. (hms sumbar/PT)
Balang

LEAVE A REPLY

1 + 2 =