DPRD Paripurnakan Pemprov Sumbar Raih WTP ke 7 Kali

999

PadangTIME.com – Dari Laporan hasil pemeriksaan (LHP) atas laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) diserahkan langsung oleh Ketua BPK RI Moermahadi Soerja Djanegara di Ruang Sidang Utama DPRD Sumbar, Jumat (26/4/2019). Pemprov Sumatera Barat  berhasil mempertahankan opini wajar tanpa pengecualian ( WTP) 7 kali berturut-turut atas laporan keuangan Pemprov Sumbar 2018.

Moermahadi Soerja Djanegara menegaskan, WTP merupakan pernyataan profesional pemeriksa mengenai kewajaran penyajian laporan keuangan.

“Ini bukan jaminan bahwa laporan keuangan yang disajikan oleh pemerintah sudah terbebas dari adanya fraud atau tindakan kecurangan lainnya. Jika dalam proses pemeriksaan ditemukan adanya penyimpangan, kecurangan, atau pelanggaran ketentuan perundang-undangan, maka pemeriksa harus melakukan pengembangan prosedur audit dan mengungkapkannya dalam LHP,” kata Moermahadi Soerja Djanegara saat beri sambutan.

Pada kesempatan itu, Moermahadi Soerja Djanegara juga mengapresiasi keberhasilan Pemrov Sumbar mempertahankan WTP 7 kali berturut-turut.

“Ini menunjukan komitmen Pemrov dan DPRD dalam menjalankan dan menerapkan praktik pengelolaan keuangan yang baik,” ujar Moermahadi Soerja Djanegara.

Terlepas dari capaian yang diraih Pemrov Sumbar, BPK masih menemukan beberapa permasalahan.

Di antaranya temuan pemeriksaan atas sistem pengendalian intern (SPI) dan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan. Temuan SPI antara lain potensi penerimaan belum dikelola secara maksimal, kesalahan penyetoran atas penerimaan sewa di RSUD, serta pencatatan dan penatausahaan aset tetap belum dilaksanakan secara memadai,” ungkap Moermahadi Soerja Djanegara.

Dari temuan kepatuhan di antaranya kelebihan pembayaran tunjangan profesi guru, pertanggungjawaban belanja perjalanan dinas tidak sesuai ketentuan, serta kelebihan pembayaran dan denda keterlambatan atas belanja modal gedung dan bangunan.  Moermahadi Soerja Djanegara mengatakan permasalahan tersebut tidak mempengaruhi kewajaran atas penyajian laporan keuangan.(tn)

Balang

LEAVE A REPLY