PadangTIME.com – Untuk lebih memperkuat penanganan penyebaran Covid-19 yang masih mewabah dan makin merebak di Kota Padang, Pemerintah Kota Padang terus mengupayakan langkah-langkah konkrit ke depan. Salah satunya memperkuat peran kelurahan beserta seluruh elemen masyarakat.
Menyikapi hal itu, Pemko Padang kali ini Jumat (25/9/2020), menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) yang diikuti Camat dan Lurah se-Kota Padang di Hotel Grand Inna Padang.
Rakor yang dibuka secara resmi Wali Kota Mahyeldi itu juga dalam rangka meninaklanjuti surat edaran Mendagri No.440/5184/SJ tentang Pembentukan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Daerah. Juga hadir dikesempatan tersebut Sekda Amasrul, para Asisten dan kepala OPD terkait di lingkup pemko setempat.
Dalam sambutan dan arahannya Wako Mahyeldi menyampaikan, seiring perkembangan kasus Covid-19 di Kota Padang, Pemko Padang perlu lebih memperkuat lagi ketahanan dan kekuatan khususnya melalui peran pemerintah di kecamatan dan kelurahan.
“Semoga dengan itu diharapkan kita bisa saling menangani dan mengendalikan penularan Covid-19 dengan sebaik-baiknya. Minimal menekan angka warga yang terkonfirmasi positif per harinya,” ujar wako.
Mahyeldi juga menyebutkan, sebetulnya pemko sudah membuat beberapa kegiatan dan kebijakan guna mengendalikan penyebaran Covid-19 di Kota Padang. Diantaranya mulai dari melakukan pembentukan Kongsi Covid-19 di tiap kelurahan sampai ke tingkat RT/RW.
Kemudian membentuk tim sosialiasi dan pencegahan penularan Covid-19 di tiap kecamatan yang melibatkan semua unsur. Termasuk berupaya menyediakan kemudahan akses internet gratis melalui dukungan Dinas Kominfo, mengingat para peserta didik membutuhkannya karena saat ini mengikuti pendidikan secara daring.
“Begitu juga teranyar sesuai arahan dari Surat Edaran Mendagri kita diminta membentuk Satgas Covid-19 tingkat kota, kecamatan dan kelurahan bahkan sampai ke tingkat RT/RW. Hal yang sama sebenarnya sudah kita lakukan seperti melalui pembentukan Kongsi Covid-19,” ulasnya.
Lebih lanjut disampaikan wako, sejatinya kata kunci menghadapi pandemi Covid-19 saat ini adalah disiplin. Yaitunya disiplin mematuhi protokol kesehatan dalam menjalani kehidupan sehari-hari.
“Baik memakai masker kemana bepergian, sering mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak serta menjaga kesehatan dan imunitas tubuh.
Untuk itu kepada para camat dan lurah serta kita semua, mari sama-sama menekan penularan Covid-19 di daerah kita. Minimal kelurahan-kelurahan yang sebelumnya dinyatakan zona merah harus kita hijaukan sesegera mungkin,” imbuh wako bersemangat.
Seperti diketahui dari informasi perkembangan kasus Covid-19 di Kota Padang per Jumat 26 September 2020 pukul 06.00 WIB, yaitu didapati kasus positif sebanyak 119 orang. (NZ)
Balang

LEAVE A REPLY