Pemkab Pesisir Selatan Tingkatkan Ruas Jalan Kampung Lubuk Batu

0
469
Padang TIME- Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan berkomitemen meningkatkan infrastruktur dasar masyarakat. Salah satunya, pemkab mengalokasikan dana sebesar Rp 1,2 miliar untuk peningkatan ruas jalan di Kampung Lubuk Batu, Nagari Aur Duri Surantih, Kecamatan Sutera.
Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar, Kamis (26/8) menegaskan, infrastruktur dasar masyarakat berupa jalan itu juga merupakan sarana pendukung masyarakat dalam bertransportasi. Selain, akses keseharian warga, juga menunjang akses perekonomian warga.
“Oleh karena itu, untuk peningkatan jalan di Kampung Lubuk Batu itu sudah kita anggarkan. Karena memang kondisi jalan itu sudah lama rusak. Jadi tahun ini kita perbaikan dan tingkatan ruas jalan itu sesuai ketersediaan anggaran,” jelas bupati.
Saat ini, kondisi jalan di Kampung Lubuk Batu yang rusak dan belum teraspal sepanjang 2,1 kilometer dari batas dari Nagari Rawang Gunung Malelo. Belum pernah tersentuh aspal, tahun ini bakal dilakukan sesuai janji dan visi misi bupati dalam meningkatkan infrastruktur dasar masyarakat.
“Dari 6 misi yang ada, infrastruktur salah satunya merupakan peningkatan sarana ekonomi masyarakat. Apalagi di Lubuk Batu, rata-rata ekonomi masyarakat dari bertani,” kata bupati.
Sementara itu Plt Kadis Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Pesisir Selatan, Syahriwan membenarkan hal tersebut. Direncanakan pembangunan jalan Kampung Lubuk Batu akan dikerjakan sepanjang 600 meter dengan nilai Rp 1,2 miliar dari Bantuan Keuangan Khusus (BKK) Provinsi tahun 2021.
Menurutnya, dengan adanya peningkatan jalan di Lubuk Batu akan menambah panjang jalan berkondisi baik di Kecamatan Sutera. Namun, intinya tetap untuk ketahanan pangan dan mempermudah akses warga, terutama untuk pertanian.
“Sisanya sekitar 1,5 kilometer lagi akan kita upayakan  di tahun 2022. Itu sudah dimasukan dalam Renja Dinas PUPR Pesisir Selata. Jika tidak dapat Dana Alokasi Khusus  (DAK), maka kami upayakan dari Dana Alokasi Umum (DAU),” jelasnya. (mp)
bebi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here