Pemkab Pesisir Selatan Terima Penghargaan APE Tahun 2020

0
1054
Padang TIME.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesisir Selatan, memperoleh penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya ( APE ) Tahun 2020 kategori Madya.
Penghargaan APE diterima oleh Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, diwakili  Kabid PPRPA, Syofianeri bersama Ketua Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Kabupaten Pesisir Selatan, Yunesti Rusma Yul Anwar di Kementerian PPPA, Jumat (25/9).
Selanjutnya penghargaan tersebut diserahkan Bupati Pesisir Selatan kepada tim Driver PPRG ( Perencanaan Penganggaran Responsive Gender ) kepada Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Lerlindungan Anak, Emirda Ziswati, Kepala Bapedalitbang, Yozki Wandri, Plt. Kepala Inspektorat, Rusdiyanto, dan Kepala BPKD diwakili oleh  Subcandri pada apel gabungan, Senin (27/9), di halaman kantor bupati setempat.
Bupati Rusma Yul Anwar, mengatakan, penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Kategori Madya Tahun 2020 yang diraih pihaknya merupakan bukti komitmen Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan dalam mewujudkan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan, dan perlindungan anak.
“Alhamdulillah, kita mendapatkan penghargaan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kementerian PPPA). Penghargaan ini diberikan karena pemerintah daerah memiliki komitmen penuh terhadap pengarusutamaan gender (PUG), ” ujarnya, usai apel gabungan, Senin (27/9)
Dikatakan, PUG dilaksanakan pemerintah daerah mulai dari kebijakan penganggaran, program kegiatan hingga implementasi kepada seluruh organisasi perangkat daerah (OPD).
” Atas keberhasilan  ini saya mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada seluruh kepala perangkat daerah, mudah-mudahan tahun depan penghargaan yang sama dapat diterima dengan kategori lebih tinggi yaitu utama,” katanya.
Lebih lanjut, bupati menegaskan, pihaknya memiliki komitmen yang kuat pengarusutamaan gender, seperti kebijakan anggaran mulai dari perencanaan program kegiatan hingga penerapan kebijakan pug kepada seluruh organisasi perangkat daerah (OPD).
Selain itu, menempatan pejabat struktural, kata bupati dari 15 orang camat saat ini tiga orang diantaranya perempuan.
Sebagaimana diketahui, APE merupakan penghargaan yang diberikan kepada kementerian/lembaga dan pemerintah daerah yang dinilai telah berkomitmen dalam pencapaian dan perwujudan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan, dan perlindungan anak, serta memenuhi kebutuhan anak.
Penilaian terhadap Anugerah Parahita Ekapraya ini dilakukan pada akhir Maret 2021 yang lalu melalui zoom meeting dengan dihadiri oleh tim driver PPRG. Kepala OPD, Komisi IV DPRD kab. Pessel, ketua PKK,  dan Organisasi Perempuan, serta Lembaga lainnya. (pt)
bebi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here