AYO MEMBACA !!

Pemkab Pesisir Selatan laksanakan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

PADANGTIME.COM | Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan menggelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 di Lapangan Ilyas Yaqub Painan, Sabtu (1/6).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara dengan Dandim 0311/ Pesisir Selatan Letkol Inf Ery Partahi H. Siregar., M.Han dan dihadiri oleh Unsur Forkopimda Pesisir Selatan, Sekretaris Daerah, Mawardi Roska, Kepala Perangkat Daerah, Kepala bagian lingkungan Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Pimca Bank Nagari Painan, Helfiyanrika, Pinca BRI Alvin Nur Muhammad, dan Camat Se Kabupaten Pesisir Selatan.

Dalam amanatnya, Dandim 0311/Pesisir Selatan Letkol Inf Ery Partahi H.Siregar menyampaikan kita memperingati Hari Lahir Pancasila. Hari ketika Bung Karno, sebagai Proklamator Kemerdekaan, Bapak Pendiri Bangsa, pertama kali memperkenalkan Pancasila melalui pidatonya pada tahun 1945 di depan sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK).

Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 ini mengambil tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”. Tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

Kata dia, Dalam momentum yang sangat bersejarah ini, saya mengajak komponen bangsa di mana pun berada untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Sebagai meja statis, Pancasila terbukti mampu mempersatukan kita dalam menghadapi beragam gelombang tantangan dan ujian sejarah, sehingga sampai dengan saat ini Indonesia tetap berdiri kokoh dan tangguh sebagai bangsa yang besar.

Sedangkan sebagai leitstar dinamis, Pancasila merupakan bintang penuntun yang membawa Indonesia pada gerbang kemajuan dan kemakmuran di era globalisasi teknologi dan informasi sekarang ini.

Menurutnya, pesatnya perkembangan teknologi informasi harus dapat dimanfaatkan secara bijaksana dan mencerminkan nilai-nilai positif Pancasila karena akan menjadi bekal dan modal bagi bangsa Indonesia untuk meraih kemajuan mencapai Indonesia Emas 2045.

“Karena semangat nilai Pancasila kita masih menjadi bangsa yang besar saat ini dan Pancasila akan menjadi bekal dan modal kita untuk meraih kemajuan mencapai visi Indonesia Emas 2045,” lanjutnya.

Ia melanjutkan, menjelang Pilkada 2024 implementasi nilai Pancasila sangat dibutuhkan karena ada persatuan, cinta tanah air, gotong royong, dan demokrasi. Apabila hal tersebut dihayati dan diamalkan dengan baik ia yakin Pilkada 2024 di Kabupaten Bekasi akan berjalan lancar dan sukses seperti penyelenggaraan Pemilu Presiden dan Legislatif 2024 kemarin. (PT)