Home KABUPATEN Kabupaten Agam Pemkab Agam Terima Penghargaan PWA Dari Pemprov Sumbar

Pemkab Agam Terima Penghargaan PWA Dari Pemprov Sumbar

0

PadangTIME.com | Kabupaten Agam mendapatkan penghargaan Peduli Wisata Award (PAW), sebagai yang terbaik di kategori The Most Imroved, pada Malam Anugrah Pariwisata Sumatera Barat tahun 2022, yang digelar di Halaman Kediaman Gubernur Sumbar, Selasa (27/9).

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah kepada Bupati Agam, diwakili Sekda Agam, Drs. Edi Busti, M.SI.

Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Luhur Budianda mengatakan, Anugerah Pariwisata Sumbar ini sebagai bentuk apresiasi pada pelaku dan pinggiat wisata di Kabupaten- Kota se-Sumatera Barat.

“Event ini bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada Kepala Daerah yang mampu menunjukkan hasil yang signifikan dalam pembangunan dan pengembangan kepariwisataan daerahnya, serta apresiasi kepada pelaku pembuatan yang berperan aktif dalam pengembangan pariwisata.” ujarnya.

Penghargaan yang diberikan,  yaitu
1. Peduli Wisata Awards (PWA) 2022
2. Daya Darik Wisata Unggulan
3.  Apresiasi Desa Wisata.

Yang berhasil menjadi pemenang pada PWA pada kategori The Best Improve adalah, Kabupaten Agam (juara 1), Kabupaten 50 kota (juara 2), Kota Payakumbuh ( juara 3). Dan pemenang pada kategori The Best Achievement adalah, Kota Padang (juara 1), Kabupaten Tanah Datar ( juara 2), Kota Bukittinggi (juara 3). Serta pemenang pada kategori The Best Performance adalah Kabupaten Padang Pariaman (juara 1), kota Sawahlunto (juara 2), Kota Solok (juara 3).

Sementara itu Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah mengatakan, tahun 2022 ini sektor pariwisata Sumbar secara perlahan mulai pulih pasca pandemi Covid-19.

“Data dari Dinas Pariwisata Sumbar, hingga 31 Agustus 2022, tercatat 3.976.850 kunjungan wisnus dan 5.280 kunjungan wisman pada objek wisata berbayar di Sumbar,” ujarnya.

Pemprov Sumbar telah mencanangkan Visit Beautiful West Sumatera 2023 sebagai upaya dalam pemulihan Pariwisata.

Dibutuhkan kolaborasi dan sinergi dari seluruh pihak terkait dalam mempromosikan pariwisa di dalam maupun luar negeri.

Ia berharap, dengan adanya dukungan kepala daerah beserta semua unsur terkait yang terus berupaya menjadi yang terbaik dalam pengembangan pariwisata, maka sektor pariwisata akan menjadi sektor andalan di Sumbar, sehingga mampu meningkatkan perekon. (rh/pt)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version