Pemkab Agam Goro Goro Bersihkan permukaan Danau Maninjau bersihkan dari Enceng gondok

0
795

PadangTIME.com – Pemerintah Kabupaten Agam dengan berapa OPD terkait serta Pemerintahan Nagari Duo Koto laksanakan gotong royong membersihkan dari Enceng gondok dan limpermukaan Danau Maninjau bah rumah tangga di objek wisata Linggai Park, Nagari Duo Koto, Kecamatan Tanjung Raya Rabu (14/9)

Terlihat ratusan orang berbaur bekerjasama untuk mengangkat Enceng gondok dan sampah rumah tangga , selanjutnya dikumpulkan untuk diangkut ketempat pembuangan sampah akhir Nagari Duo Koto. Tanjung Raya.

Alroza koodinator Satgas Save Danau maninjau menyampaikan, kegiatan Goro membersihkan Danau maninjau merupakan agenda rutin yang dilakukan Pemkab Agam bersama satgas save Maninjau lebih kurang selama lima tahun dilima titik seputaran danau.

“Goro membersihkan permukaan danau Maninjau sudah berjalan hampir lima tahun, dengan melibatkan OPD terkait didukung oleh satgas save Danau Maninjau, dimana tiap Nagari selingkar danau Maninjau mengirim sepuluh orang warganya untuk ikut bersama – sama di dalam satgas save Danau Maninjau tersebut.” Katanya.

Untuk Goro kali ini ada tiga titik pelaksanaan, kawasan objek wisata Linggai Park, Muko – Muko, dan Banda Kualo, dan kegiatan hari ini dipusatkan dikawasan Wisata Linggai Park.

Nantinya enceng gondok dan limbah rumah tangga dikumpulkan untuk dibawa ke TPS 3R Lansani Pintar milik kelompok di Nagari Dua Koto.

Di TPS 3R Lansani Pintar enceng gondok dipisahkan dengan limbah rumah tangga, untuk Enceng gondok diolah menjadi pupuk kompos,”ucapnya

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Agam Arif Restu mengatakan, Goro membersihkan permukaan danau bertujuan mensukseskan Revitalisasi Danau Maninjau dari pencemaran untuk menunjang sektor pariwisata sebagai salah satu program unggulan dari pemerintah Kabupaten Agam, “Katanya

Lebih lanjut beliau menyampaikan, tentang melibatkan OPD dalam Goro, agar masyarakat bisa merasakan kepedulian Pemkab Agam,akan kelangsungan danau Maninjau sangatlah besar, dan berharap kedepannya untuk bersama sama mengembalikan danau Maninjau sebagai salah satu destinasi wisata yang membanggakan Agam.(RH)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini