ads
Padang TIME – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Agam melalui Dinas Sosial menggelar seminar Perang Manggopoh dalam rangka peringatan Ke-114 tahun Perang Manggopoh di Kantor Camat Lubuk Basung, Selasa (7/6).
Kepala Dinas Sosial Kabupaten Agam, Rahmi Artati, S.STP, M.Si mengatakan seminar yang diikuti sebanyak 75 peserta itu digelar dalam rangka peringatan Perang Manggopoh pada 15 Juni mendatang.
“Menjelang peringatan Perang Manggopoh 15 Juni mendatang, maka digelar beberapa rangkaian kegiatan yang diawali dengan seminar ini,” ujarnya.
Lebih lanjut disampaikan, seminar yang menghadirkan sejumlah akademisi dan praktisi itu bertujuan sebagai sarana publikasi dan sosialisasi peringatan Perang Manggopoh.
Adapun sasaran yang ingin dicapai melalui seminar yakni terwujudnya persamaan presepsi tentang sejarah pejuang kemerdekaan, memahami makna dan semangat kepahlawanan.
Bupati Agam melalui Staf Ahli Sumber Daya Manusia, Ariyati mengatakan peristiwa yang telah terukir dalam lembaran sejarah perjuangan bangsa, yakni Perang Manggopoh yang terjadi pada tanggal 15 Juni 1908.
Satu sosok pahlawan yang paling mengemuka dari perang Manggopoh adalah Mandeh Siti Manggopoh. Mandeh Siti secara fisik langsung menyerang bala tentara penjajah.
“Beliau berjuang dengan sekuat tenaga dan pikiran memerangi penjajah ketika itu,” ulasnya.
Pihaknya mengajak kita semua agar melalui Seminar Perang Manggopoh ini kita jadikan sebagai titik balik untuk mengukur sejauh mana kita memaknai nilai-nilai dan semangat pejuang Perang Manggopoh.
“Peristiwa Perang Manggopoh memberikan pelajaran bagi kita semua bagaimana kebersamaan diwujudkan tanpa memandang latar belakang dan perbedaan,” katanya. (rh)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini