Pelatihan Manajemen Sekolah Sebagai Upaya Untuk Menciptakan Budaya Mutu Di Era Revolusi 4.0 Pada Sekolah Dasar Kota Payakumbuh

388

PadangTIME.com – Kepala sekolah sebagai seorang pimpinan sekolah harus mampu menghadapi berbagai perubahan yang terjadi dalam dunia pendidikan. Begitupun kepala sekolah dasar di kota Payakumbuh tak luput dengan berbagai perubahan yang terjadi dalam dunia pendidikan. Berbagai perubahan yang terjadi perlu didukung dengan kemampuan dalam bidang manajemen sekolah. Dimana manajemen sekolah merupakan suatu kemampuan dalam memberdayakan berbagai sumber daya yang ada.

Untuk memberdayakan sumber daya yang ada diperlukan kemampuan manajemen sekolah dalam perencanaan (planning), penorganisasian (organizing), penggerakan (actuating), pengendalian (Controlling) atau POAC. Oleh karena itu, kepala sekolah perlu meningkatkan pemahaman dan pengetahuan serta keterampilannya dalam manajemen sekolah sehingga mampu menciptakan sekolah yang berbudaya mutu. Apalagi pada situasi sekarang kepala sekolah dihadapkan padaera revolusi industri 4.0 yang mengandalkan virtualisasi, digitalisasi, big data, sertainternet of thing. Perguruan tinggi melalui kegiatan Program Kemitraan Masyarakat mencoba untuk memberikanpenyegaran kepada kepala sekolah dalam kegiatan pelatihan dengan judul kegiatan “Pelatihan Manajemen Sekolah Sebagai Upaya Untuk Menciptakan Budaya Mutu Di Era Revolusi 4.0 Pada Sekolah Dasar Kota Payakumbuhyang diketuai oleh Drs. Syahril, M. Pd., Ph.D.

Dra. Anisah, M. Pd

Menjelang pelaksanaan kegiatan, kepala sekolah diminta untuk mengidentifikasi berbagai kondisi di sekolahnya sehubungan dengan manajemen sekolah.Kegiatan pelatihan dilaksanakan di SDN 26 Kota Payakumbuh, yang dihadiri oleh 25 orang kepala sekolahsebagai perwakilan dari kepala sekolah dasar yang ada di kota Payakumbuh. Pembatasan peserta
4ini dikarenakan pelaksanaankegiatanpada situasi pandemi Covid 19.Seluruh tim pengabdian yang ikut dan kepala sekolah menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) sesuai protokol kesehatan. Nara sumber diberikan oleh orang-orang yang berpengalaman dan ahli dalam bidang manajemen sekolah. Pelatihan ini mendatangkan seorang narasumber yang juga salah seorang Guru Besar dari Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan yaitu Prof. Dr. Nurhizrah Gistituati, M. Ed. Ed. D., dengan materimanajemen sekolah di era digital. Materi berikutnya diberikan oleh Dra. Anisah, M. Pd., tentang Rencana Pengembangan Sekolah, beliau sekarang ini adalah narasumber nasional pendidikan dan pelatihan calon kepala sekolahdan penguatan kepala sekolah.

Materi tentang budaya mutu sekolah diberikan oleh Dr. Gantino Habibi, M. Pd., dan Hade Afriansyah, S. Pd., M. Pd. Dr. Gantino Habibi, M. Pd., merupakan salah seoarangkepala sekolah dasar berprestasi tingkat nasional tahun 2017 dan jugaseorang penulis nasional. Keterlaksanaan kegiatan ini juga dibantu oleh Dra. Nelfia Adi, M. Pd., Dr. Ahmad Sabandi, M. Pd., Dr. dan Sulastri, S. Pd., M. Pd.Kegiatan pelatihan ini mendapat sambutan yang luar biasa oleh peserta pelatihandan pihak dinas pendidikan. Bahkan mereka menginginkan agar kegiatan-kegiatan ini dapat berlanjut secara berkesinambungan. Sehingga kemampuan kepala sekolah ataupun guru-guru di Kota Payakumbuh terus mengalami peningkatan. (ts)

Balang

LEAVE A REPLY