Padang TIME.com-Di Republika Srpska Bosnia, Sungai Vrbas telah menyimpan rahasia selama sekitar tujuh abad.Pedang abad pertengahan baru-baru ini ditemukan tersangkut di batu sedalam 11 meter di dasar sungai.

Penyelam dari RK BUK, klub berperahu dan menyelam di Banja Luka, menemukan pedang dalam kondisi yang relatif baik, mengingat begitu lamanya dia terendam di bawah air.Sejarawan Museum Republika Srpska, Janko Vracar, mengumumkan bahwa analisis terhadap pedang itu telah dilakukan.

Hasilnya menyatakan bahwa pedang itu berasal dari sekitar tahun 1200 hingga paruh pertama tahun 1400-an.Bagaimana pedang itu masuk ke batu dan kemudian ke dasar sungai masih membuat para ilmuwan bingung.

Meski langka, penemuan pedang di batu ini bukanlah fenomena yang tidak pernah terdengar. Misalnya saja saat pedang abad ke-12 ditemukan di Kapel Montesiepi di Tuscany.

Pedang itu merupakan pedang milik San Galgano, yang diangkat menjadi orang suci tak lama setelah kematiannya.

Menurut legenda, San Galgano adalah seorang ksatria duniawi yang kejam, arogan, namun dia bertobat setelah penglihatan Malaikat Michael menyuruhnya pergi ke Bukit Montesiepi di mana ia memiliki penglihatan tentang Maria, Yesus, dan dua belas rasul.

Balang

LEAVE A REPLY