Pastikan Pengamanan dan Pelayanan Berjalan Baik, Wako Hendri Septa dan Jajaran Tinjau Sejumlah Poskotis Lebaran di Padang

0
724
PadangTIME.comĀ  – Jelang H-1 Lebaran Idul Fitri 1442 H/2021 M, Wali Kota Padang beserta jajaran melakukan monitoring ke sejumlah titik posko komando taktis (Poskotis) di Kota Padang, Rabu sore (12/5/2021).
Mulai dari Posko Pengawasan Protokol Covid-19, hingga Pos Pengamanan dan Pos Kesehatan Operasi Ketupat Singgalang Pengamanan Lebaran 1442 H. Selain melakukan peninjauan orang nomor satu di Kota Padang itu pun juga menyerahkan bantuan paket makanan ringan sebagai motivasi bagi petugas yang berjaga.
Monitoring pun dimulai dari Kediaman Resmi Wali Kota Padang jl. A. Yani No.11. Dengan menggunakan sepeda motor Wali Kota Hendri Septa bersama Ketua TP-PKK Ny. Genny Hendri Septa memimpin pelaksanaan monitoring menuju sasaran pertama yakni Pos Pengamanan Operasi Ketupat Singgalang di jl. Khatib Sulaiman atau depan Transmart Padang. Tak hanya itu wali kota dan rombongan pun juga meninjau ke dalam Transmart Padang guna memastikan pelaksanaan protokol Covid-19 sembari melihat mobilisasi pengunjung pada penghujung Ramadan 1442 H tersebut.
Setelah itu, peninjauan pun dilanjutkan menuju Posko Kesehatan Operasi Ketupat Singgalang yang dibuat oleh Dinas Kesehatan Kota Padang di depan Mal Plaza Andalas.
Kemudian berlanjut kePosko Pengawasan Protokol Covid-19 di Kelurahan Belakang Pondok, Pos Pelayanan Pantai Air Manis Polsek Padang Selatan hingga Pos Pengawasan Protokol Covid-19 di Kelurahan Batang Arau. Setelah itu rombongan kembali menuju Kediaman Resmi Wali Kota Padang.
Wako Hendri Septa di sela monitoring kepada wartawan menjelaskan, monitoring ini dilakukan untuk memastikan masyarakat tetap aman dalam melaksanakan protokol kesehatan. Terlebih menjelang Lebaran, khususnya di pusat-pusat pertokoan dan perbelanjaan serta kawasan wisata dan padat penduduk.
“Maka dari itu kita perlu melakukan peninjauan kali ini guna memastikan semuanya agar berjalan sesuai harapan. Jika terdapat kendala itu yang harus kita cari solusinya bersama-sama. Intinya adalah kita tidak mau hal-hal yang tak diinginkan terjadi pada Lebaran tahun ini di Kota Padang,” ujarnya dengan nada tegas.
Sebagaimana diketahui, Kota Padang saat ini masih berada di zona orange penyebaran Covid-19. Dengan kondisi itulah Pemerintah Kota Padang telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) dengan nomor: 451.305/Kesra-Pdg/V/2021 per tanggal 12 Mei 2021 tentang Penyelenggaraan Salat Idul Fitri 1442 H Dalam Masa Pandemi Covid-19 di Kota Padang.
SE tersebut kata Wako Hendri, yaitu berisikan khusus bagi masyarakat yang berada pada daerah RT yang masuk pada zona orange atau merah, maka pelaksanaan Shalat Ied hanya dibolehkan di rumah masing-masing.
“Sementara bagi warga yang berada pada daerah RT yang masuk dalam kategori zona hijau dan kuning dibolehkan. Tapi hanya di dalam masjid/musala dan tidak dibenarkan di lapangan terbuka. Semuanya tetap melakukan protokol Covid-19 karena akan ada pengawasan dan penindakan tegas oleh aparat pemerintah di kecamatan dan kelurahan serta petugas gabungan,” jelas wako.
Lebih lanjut wako pun ikut mengimbau seluruh elemen masyarakat di Kota Padang agat dapat saling menjaga dan mencegah hal-hal yang bisa menjadi pusat kerumunan yang berisiko tinggi terjadi penularan covid-19.
“Mari kita berlebaran sesuai aturan yang telah diterapkan pemerintah. Karena saat ini kita masih di tengah pandemi Covid-19, apalagi Padang sedang berada pada zona orange. Bisa jadi kita akan kembali ke zona merah bila kita abai terhadap aturan-aturan prokes Covid-19.”
“Jika kita ingin Covid-19 ini segera melandai dan berakhir, maka mari sama-sama kita senantiasa patuhi prokes Covid-19 dan apa saja kebijakan pemerintah dalam upaya penanganannya,” pungkas wali kota milenial itu.
Berdasarkan pantauan di lapangan, dalam pelaksanaan monitoring iti untuk suasana lalu lintas di Kota Padang berjalan normal alias tidak ditemukan kemacetan yang berarti.
Sementara di beberapa Poskotis terlihat petugas gabungan cukup antusias berjaga dan melakukan pemeriksaan bagi pengguna jalan yang melintas. Bisa dikatakan belum ditemukan kendala yang berarti.
Dalam monitoring tersebut terlihat diikuti Asisten Pemerintahan dan Kesra Edi Hasymi serta sejumlah Kepala OPD hadir diantaranya Kadishub Dian Fakri, Kadis Perdagangan Andree Algamar, Kabag Prokopim Amrizal Rengganis serta Kabag Umum Bobby Firman.
Juga hadir Camat Padang Barat Eri Sendjaya, Camat Koto Tangah Junie Nursyamza, Camat Padang Selatan Teddy Antonius serta jajaran dan personil Sat Pol PP dan Dishub Kota Padang.
bebi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here