ad
PadangTIME.com – Putra Mahkota Muhammad Bin Salman meluncurkan program stimulus ekonomi sebesar Riyal Saudi (SR)12 triliun atau sekitar Rp44.800 triliun. Program ini bertujuan untuk membuat Saudi Arabia sebagai kekuatan terbesar di dunia.
Pangeran Salman mengatakan, program ini dengan nama Shareek atau mitra ini akan berlangsung hingga 2030 dengan membuat Kerajaan Saudi sebagai kekuatan ekonomi global yang berkelanjutan, ambius dan berkembang.
Program ‘Mitra’ Rp44.800 triliun ini bertujuan untuk mendorong ekonomi nasional yang berkelanjutan dengan memperkuat kerjasama swasta dan meningkatkan kontribusi BUMN Saudi terhadap pertumbuhan ekonomi nasional,” kata Pangeran Salman dalam peluncuran program ‘Mitra’ yang dihadiri para menteri, pengusaha  dan pimpinan perusahaan besar di Kerajaan Saudi, seperti diberitakan Saudi Gazette, Rabu (31/3/2021).
Dalam program tersebut, perusahaan swasta akan dibantu dana investasi sebesar SR5 triliun atau sekitar Rp19.000 triliun hingga 2030.
Pangeran Salman menambahkan, Saudi Arabia akan melihat pertumbuhan investasi yang tinggi beberapa tahun ke depan di mana dana sebesar SR3 triliun akan digelontorkan ke publik dalam bentuk reksa dana hingga 2030.
“Selain itu, dana sebesar SR4 triliun juga akan disediakan oleh National Investmen Stategy yang akan segera diumumkan,” ujar Pangeran Salman.
Sehingga total investasi yang digelontorkan Kerajaan Saudi mencapai SR12 triliun atau setara Rp44.800 triliun hingga 2030.
Ia mengatakan, investasi tersebut belum termasuk belanja pemerintah yang diperkirakan mencapai SR10 triliun selama 10 tahun mendatang.
Belanja modal swasta ia perkirakan akan mencapai SR5 triluun hingga 2030. Sehingga total belanja modal menjadi SR27 triliun atau setara Rp98.000 triliun lebih dalam 10 tahun mendatang.
“Program ini akan membantu sektor swasta menciptakan ratusan ribu lapangan kerja baru dan akan meningkatkan kontribusi Produk Domestik Bruto hingga 65 persen 10 tahun mendatang sebagai bagian dari tujuan visi 2030,” ungkap Pangeran Salman.
Ia yakin, program ini akan memberikan kemajuan ekonomi Saudi Arabia menjadi urutan 15 negara dengan ekonomi terbesar di dunia dari posisi saat ini di urutan 18.
Program yang ia sebut ‘mitra’ ini akan ditandatangi pada Juni 2021. (pt/idx)
bebi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here