Padang TIME.com-Ibnu al-Jauzi adaah sosok ulama yang memiliki kepedulian tinggi. sebagai seorang alim, dia merasa terpanggil untuk  meluruskan hal yang di anggap janggal. Dalam pandangannya, masyarakat pada saat dia hidup telah banyak melenceng dari ajaran Allah dan Rasul-Nya.
Penyimpangan itu banyak di lihat dari perilaku manusia-manusia di sekitarnya. Dia melihatnya, bahwa patologi sosial  telah menjadi sosial telah menjadi wabah yang menjangkiti  haampir seluruh level masyarakat dangan berbagai penyakit yang sangat membahayakan tatanan sosial.
penyebaran penyakit sosial tersebut menyebar melalui dari kalangan pejabat yang boros, ulama yang menjual muka  di depan pejabat, kemunafikan kaum yang mengaku- aku sufi yang bermalas malasan dalam hidup, penunntut ilmu yang salah langkah, orang-orang kaya yang kikir, individu-individu yang sombong dan lainnya kondisi itu I bnu al-Jauzi telah membuatnya berpikir serius dan memberikan resep untuk menyembuhkannya. tak heran  jika ada beberapa kalangan yang menyebutkan dia sebagai ulama dan sekaligus psikolog.
Menurut imam Ibnu Katsir
Ibnu al-Jauzi memiliki kelebihan tersendiri dalam teknik memberikan nasihat yang belum pernah  disamai orang lain. Perhatiannya dalam bidang ini juga belum ada tandingannya. Demikian pula dalam metodenya, tutur katanya, keindahan untaian kalimatnya, kedalam pembahasaannya tentang nilai-nilai moral, serta pendekatannya kepada hal-hal baru. Kelebihannya itu bisa dilihat dari ungkapannya yang ringkas dan mudah di pahami.
Menurut Ibnu Khallqan 
Sesungguhnya Ibnu al-Jauzi adalah figur sekaligus imam dalam ilmu hadits dan nasihat pada zamannya. ia sudah sudah menulis karya dalam berbagai bidang ilmu.
 Menurut al-Hafizh ad-Dabaisi 
Ibnu al-Jauzi orang yang berbicaranya paling fasih, urutan pembicaraanya paling sistematis, gaya bahasanya paling enak di di rasakan, penjelasannya paaling mudah di pahami. Beliau meriwayatkan dari banyak ulama. Selma lebih dari empat tahun, masyarakat menimba ilmu darinya.
Menurut Abu Abdillah bin ad-dabaisi 
Guru kami, Ibnu al-Jauzi, mempunyai banyak karya dalam bidang tafsir, fiqih, hadits, sejarah dan lain-lain. ia adalah orang yang paling menguasai ilmu-ilmu hadits dan mengetahui kualitas shihih dan dha’ifnya. Ia adalah orang yang tutur katanya sangat bagus, logikanya runtut, dan penjelasannya sangat indah. (PT)
Balang

LEAVE A REPLY