PadangTIME.com-Nissan Motor Indonesia secara resmi membenarkan rencana Nissan Motor Co yang akan menutup pabriknya di Indonesia. Perusahaan asal Jepang itu berencana mengurangi produksi global sebanyak 20%.
Diungkapkan Kepala Eksekutif Nissan Makoto Uchida, tidak hanya di Indonesia, pabrik Nissan di Spanyol juga dikatakan akan tutup dan menghentikan produksinya.
Untuk produksi di Eropa, perusahaan akan terpusat pada pabriknya di Sunderland, Inggris. Sementara produksinya di Indonesia akan dialihkan ke Thailand.
Menurutnya Uchida, upaya ini merupakan bagian dari rencana optimisasi yang mencakup rightsizing, optimasi produksi dan reorganisasi operasi bisnis.
Nissan Motor Co.melaporkan merugi hingga USD6,2 miliar pada tahun fiskal yang berakhir Maret. Ini merupakan kerugian pertama sejak krisis finansial yang melanda dunia pada 2009.
Dibandingkan dengan 2019, produksi Nissan secara global menurun 62% pada April menjadi 150.388 unit. Penjualannya pun menurun hampir 42% bulan lalu. Penjualan pada tahun fiskal yang berakhir Maret anjlok 15% menjadi 91,6 miliar dolar.
Sementara itu, Head of Communication Nissan Motor Indonesia Hana Maharani mengatakan, sejumlah reformasi strategis dirancang untuk membangun basis operasional yang akan memastikan profitabilitas yang konsisten dan berkelanjutan dalam jangka menengah.
“Kami akan terus bekerja dengan mitra Aliansi kami untuk memastikan footprint manufaktur di Indonesia,” katanya.
Nissan juga terus berfokus untuk memperkuat merek Nissan di Indonesia dengan terus menghadirkan model-model baru.
“Kami ingin menegaskan kembali komitmen berkelanjutan kami untuk menyediakan rangkaian produk Nissan dan memberikan layanan penjualan dan purna jual terbaik kepada pelanggan kami di sini,” Pungkas Hana. (PT)
Balang

LEAVE A REPLY