Optimalkan Pengelolaan Komunitas, KOMED Terapkan Asset Based Thinking

0
1686
ads

PadangTIME.com | Komunitas Media Pembelajaran (KOMED) merupakan komunitas yang terdaftar pada Platform Merdeka Mengajar.

Sebagai Komunitas penggerak kurikulum merdeka belajar, KOMED terpilih untuk
mengikuti kegiatan Lokakarya Komunitas Belajar. Sebagai output dari kegiatan tersebut, maka Komunitas Media Pembelajaran wajib melakukan pengimbasan materi yang diterima pada kegiatan bimtek tersebut.

Pengimbasan dari kegiatan Lokakarya Komunitas Belajar diselenggarakan pada Sabtu (17/09).

Sebanyak 48 orang pengurus dan anggota KOMED mengikuti lokakarya bertajuk Asset Based Thinking yang disampaikan Purwanto, Konsultan Pendidikan, Owner Pratama Foundation, Pengelola PAUD IT

Almawaddah dan Pengurus KOMED Pusat Divisi Pengembangan Wilayah.
Kegiatan lokakarya Asset Based Thinking memberikan pengetahuan baru kepada pengelola komunitas bahwa dalam pengelolaan komunitas berbasis aset lebih memfokuskan pada pengembangan aset dan kekuatan, membayangkan masa depan, berpikir tentang kekuatan untuk mencapai kesuksesan, mengorganisasi aset dan kekuatan, serta merancang sebuah rencana berdasarkan visi dan kekuatan.

Adapun aset sebagai modal utama pengelolaan komunitas diantaranya manusia, sosial, politik, agama dan budaya, fisik, lingkungan atau alam, dan finansial.

Dengan dilaksanakannya pengimbasan Lokakarya Komunitas Belajar Asset Based Thinking ini KOMED berharap lebih banyak guru-guru yang menerapkan metode tersebut untuk mengelola komunitas
belajarnya sehingga berdampak luas untuk peningkatan kualitas guru-guru di seluruh nusantara. (MK)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini