Nguri-Nguri Budaya, TNI Belajar Joged Tayub

394

PadangTIME.com – BLORA – Selain melakukan pembangunan, banyak cara untuk mengambil peran dilakukan Tentara anggota Satgas TMMD Reguler ke -104 Kodim 0721/Blora di desa sasaran, Desa Jurangjero, Kecamatan Bogorejo. Yakni memotori gerakaan nguri-nguri budaya, Seni Tayub yang memang melegenda di desa setempat.

Danramil 02/Jepon, Kapten Inf. Sukemi mengambil motor di gerakan itu, yakni dengan mengajak sejumlah anggota Satgas TMMD berlatih joged seni tayub bersama sejumlah ibu-ibu anggota kelompok pandemen Seni Tayub di desa setempat. Betapa gayengnya di sesion latihan tersebut, tampak suasana begitu akrab antara TNI dan warga.

” Apa yang kami lakukan ini sebagai bukti kecintaan dan kepedulian TNI untuk melestarikan kesenian dan budaya bangsa, Seni Taub. Kita sebagai generasi penerus harus bisa nguri-uri warisan leluhur yang bisa berungsi untuk menjalin keakraban,” ungkap Kapten Inf.Kapten Sukemi

Sementara itu Sutrisni (54), sesepuh kelompk pandemen Seni Tayub di Desa Jurangjero menyatakan senang, terhormat dan bangga bisa menari bersama anggota TNI. “Suatu kehormatan bagi kami sebagai orang kecil dipedesaan bisa bersama-sama anggota Satgas TMMD Kodim Blora menari tayub bersama, Kesempatan ini jarang terjadi karena hal seperti ini jarang terjadi. Semua ini merupakan pengalaman yang tidak bisa terlupakan,” tutur Sutrisni. (pendim 0721/Blora)

Balang

LEAVE A REPLY