ad
Penulis: Indah Maya Sari SE., M.Si
PadangTIME.com, Berkaitan dengan urgensi pemenuhan Peraturan Pemerintah No. 11 Tahun 2021 mengenai  BumDes atau BumNag, perangkat kanagarian Selayo di Kabupaten Solok yang dipimpin oleh Wali Nagari Bapak Ronal Reagen ST. sangat tanggap menindaklanjuti keputusan revitalisasi BumNag salayo yang telah diputuskan melalui musyawarah nagari (Musna) sebelumnya.
Untuk itu bertempat di kantor Wali Nagari selayo mendekati penghujung bulan Oktober tahun 2021 ini telah dilaksanakan rapat yang khusus membahas tentang hal ini. Rapat tersebut dihadiri berbagai pihak yang diyakini dapat memberikan masukan yang berharga dalam pengambilan keputusan terkait revitalisasi.
Pihak-pihak tersebut terdiri dari: Wali nagari dan Sekretaris Nagari, Ketua dan Anggota Badan Perwakilan Nagari yang dihadiri oleh berbagai unsur, serta Tim dari LPPM unand yang terdiri dari dosen dan mahasiswa Universitas Andalas.
Dalam rapat tersebut, telah dibahas banyak hal seperti bentuk usaha baru yang dapat memaksimalkan pemanfaatan potensi nagari, kriteria yang akan ditetapkan bagi pengurus baru BumNag, mekanisme pengawasan dan pelaporan yang lebih baik dalam pelaksanaan BumNag, serta mekanisme pemilihan pengurus BumNag yang baru.
Terdapat dua poin kesepakatan yang didapat yaitu: keputusan terkait pemilihan pengurus terutama direktur dan keputusan terkait respon terhadap adanya PP No. 11 tahun 2021.
Untuk keputusan terkait poin pertama, Perangkat nagari dan BPN sepakat untuk melakukan pemilihan secara transparan terhadap public  dengan membentuk Tim pemilihan yang terdiri dari: wakil perangkat nagari, wakil BPN dan juga wakil dari Tim LPPM Unand.
Sementara untuk poin kedua terkait respon mengenai PP No. 11 tahun 2021, dihasilkan kesepakatan untuk mengeluarkan peraturan nagari yang sesuai dengan aturan tersebut, kemudian menyusun perbaikan terhadap anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART) untuk BumNag serta menyiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan untuk  pendaftaran BumNag Selayo ke kemenkumham sebelum batas waktu Akhir tahun 2021 ini.
Semua keputusan yang dihasilkan akan segera ditindaklanjuti agar dapat terlaksana sesuai rencana. Disetujui pula bahwa proses selanjutnya akan terus diawasi semua pihak terkait demi kelancaran pelaksanaannya.
Rapat yang penuh keakraban ini kemudian berakhir dengan harapan semua pihak bahwa semua rencana dan tahapan revitalisasi dan pendaftaran BumNag Selayo akan berjalan lancar dan sukses. (pt)
bebi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here