ad
Padang TIME – Jeff Bezos resmi mundur sebagai CEO Amazon. Dia menyelesaikan perjalanan 27 tahun yang luar biasa hingga e-commerce tersebut menjadi salah satu dengan nilai tinggi di dunia, dengan kapitalisasi sebesar USD1,8 Triliun.
Dilansir dari Forbes (5//2021) dalam perjalanannya, kekayaannya meningkat 12,425% menjadi USD196 Miliar sejak tahun 1998, ketika dia pertama kali muncul di daftar Forbes 400 orang terkaya AS dengan kekayaan bersih senilai USD1.6 Miliar. Sekarang kekayaannya bernilai hampir USD202 Miliar, sehingga membuatnya jadi orang terkaya di bumi.
Bezos disebut masih akan tetap menjadi ketua eksekutif di Amazon, sementara kepala layanan Web di Amazon Andy Jassyi-yang bergabung dengan e-retailer pada tahun 1997 akan mengambil alih operasional sehari-hari sebagai CEO pada tanggal 5 Juli.
Bezos tidak akan terlibat dengan perusahaan yang dirikannya pada tahun 1994 itu. Dia akan fokus pada kepentingan lainnya, termasuk kegiatan sosial the Bezos Day One Fund dan Bezos Earth yang melakukan penggalangan dana serta perusahaan komersial luar angkasa, Blue Origin, yang ditetapkan untuk membawanya dan saudaranya Mark ke ruang angkasa pada tanggal 20 Juli.
Bezos pertama kali menjadi miliarder pada tahun 1998, setahun setelah Amazon Go Public sebagai penjual buku online. Pada saat itu, perusahaan tersebut baru mulai memperluas buku-buku lama dengan mengizinkan pelanggan membeli CD secara online.
Tahun itu, harga rata-rata saham Amazon hanya USD7,47, seujung kuku dari harga USD3,487,40 per saham sekarang.
Selama dua dekade berikutnya, bisnis Amazon mulai berkembang menjadi industri lain. Pada tahun 2005, perusahaan itu meluncurkan layanan keanggotaan utama mereka yang sekarang terkenal, menawarkan pelanggan yang membayar biaya tahunan USD79 untuk pengiriman dua hari gratis. (Amazon Prime now USD119 per tahun.)
Pada tahun 2006, Amazon menciptakan komputasi awan unit layanan Web Amazon, yang sekarang paling menguntungkan perusahaan. Ini masuk ke video streaming pada tahun 2011, bahan makanan dengan membeli seluruh makanan pada tahun 2017, keamanan rumah dengan pembelian cincin di tahun 2018 dan juga produksi film yang bertujuan untuk memperluas dengan tawaran baru-baru ini untuk studio MGM pada bulan mei.
Besarnya ukuran dan pengaruhnya yang meningkat di Amazon telah menarik kritik dari semua sudut spektrum politik. Regulator Antitrust sedang menyelidiki perusahaan, aktivis tenaga kerja sedang berusaha untuk menyatukan jaringan besar dari Amazon, pembuat hukum progresif telah membanting kekayaan Bezos secara publik dan konservatif mengecam keputusan Amazon di awal tahun ini untuk menghapus sebuah buku tentang isu transgender.
Amazon menanggapi pada saat itu memiliki kebijakan menolak untuk menjual buku yang menetapkan identitas LGBTQ sebagai penyakit mental. (pt)
bebi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here