ads
Padang TIME – Perjalanan mudik yang cukup panjang memang terasa sangat melelahkan. Apalagi bagi pemudik yang memanfaatkan moda transportasi darat.

Menyantap makanan khas suatu daerah mungkin dapat menjadi alternatif pelepas penat setelah menempuh perjalanan berjam-jam.

Nah, bagi pemudik yang melintasi kawasan Kabupaten Agam, mencicipi kuliner buatan Rang Agam kiranya dapat membuat perjalanan mudik terasa lebih menyenangkan.

Berikut Padang TIME akan merangkum sejumlah rekomendasi tempat wisata kuliner di sekitar Kabupaten Agam yang layak dikunjungi.

RM. Edi TanjungRumah makan yang berada di jalan raya Tiku, Kecamatan Tanjung Mutiara, Kabupaten Agam ini sangat sayang untuk dilewatkan. Betapa tidak, di tempat ini kita bisa menyantap Gulai Kapalo Lauak (Gulai Kepala Ikan) dan Sate Lokan yang nikmat.

Kenikmatan Gulai Kapalo Lauak dan Sate Lokan khas Tiku ini dijamin akan memanjakan lidah dan membuat kita lupa akan penatnya perjalanan mudik.

RM. Batu LambuikRumah makan yang berada di tepian Danau Maninjau ini menyuguhkan makanan spesifik berupa Dendeng Batokok Lado Hijau dan Goreng Bada.

Bada merupakan ikan khas Danau Maninjau. Cita rasa bada Maninjau tidak perlu diragukan lagi, keriuknya akan memberikan kesan tersendiri pada perjalanan Anda di Kabupaten Agam.

Ampera Kelok 27Bagi Anda penikmat jengkol, menyantap Kalio Jariang (jengkol) di Ampera Kelok 27 yang berada di jalan raya Lubuk Basung-Kelok ke 27 ini sangat kami rekomendasikan.

Kalio merupakan kuliner khas Minang dengan bahan utama santan kelapa tua, rempah yang diracik menjadi gulai kental. Soal rasa, kalio tak kalah nikmat dibandingkan dengan sajian menu Ranah Minang lainnya.

Sate Mak Sunguik Jika melintasi kawasan Matur, Sate Mak Sunguik yang legendaris akan menyambut perjalanan Anda. Meski sate merupakan makanan yang umum dijumpai, racikan Sate Mak Sunguik akan terasa sangat berbeda. Bahkan cita rasanya yang lezat sudah dipercaya sejak 1980 silam.
Lesehan Lansano Jaya

Lesehan yang berada di jalan Bukittinggi-Maninjau persisnya di Jorong Lambah Nagari Sianok terbilang tempat wisata kuliner yang eksotis.

Betapa tidak, lokasinya yang berada di bibir Sungai Batang Sianok mampu menghadirkan suasana nyaman saat bersantap bersama keluarga.

Menu favorit di lesehan ini antara lain Gulai Itiak Lado Mudo, Gulai Ikan Batalua dan Anyang. Hmm, membayangkannya saja sudah bikin ngiler nih.

Lapau Nasi Eni
Berada di jalan Padang Lua-Maninjau, Kecamatan IV Koto. Desain bangunannya yang tradisional membuat rumah makan ini terlihat berkelas. Sejumlah menu masakan Minang akan anda temui dengan mudah di tempat ini.
Lapau Kapau
Dari namanya saja pasti yang terlintas di benak Anda adalah Nasi Kapau. Yap, di Lapau Kapau Anda akan menjumpai nasi ramas khas Nagari Kapau, Tilatang Kamang, Kabupaten Agam, terdiri dari nasi, sambal, dan lauk pauk khas Kapau, gulai sayur nangka (cubadak), gulai tunjang (urat kaki kerbau atau sapi), gulai cancang (tulang dan daging kerbau), gulai babek (babat) atau paruik kabau. Jika tak sabar ingin mencobanya, menyambangi Lapau Kapau yang berada di Nagari Kapau, Kecamatan Tilatang Kamang ini sangat kami rekomendasikan.
Ampera Incek Dadak
Incek dadak? Ya, orang Minang memang terkenal piawai bermain kata-kata. Incek (biji) dadak maksudnya adalah beras. Sungguh unik bukan? Dari namanya saja unik, apalagi rasanya. Jika penasaran mari kunjungi Ampera Incek Dadak yang berada di Simpang Canduang, jalan raya Bukittinggi-Payakumbuh KM 10.
(rh/pt)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini