Home KABUPATEN Kabupaten Pesisir Selatan Momentum Hari Kemerdekaan RI, Pemerintah Nagari IV Koto Hilie Serahkan Bantuan Bibit...

Momentum Hari Kemerdekaan RI, Pemerintah Nagari IV Koto Hilie Serahkan Bantuan Bibit Unggul

0
PadangTIME.com | Setelah menyalurkan bantuan bibit ikan, ayam beserta pakan dan kandang, kali ini Pemerintah Nagari IV Koto Hilie, Kecamatan Batang Kapas, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) kembali membantu masyarakat dengan jenis bantuan yang berbeda.
Penyerahan bantuan bibit padi unggul pada momentum Hari Kemerdekaan RI tersebut disambut bahagia oleh masyarakat.
“Di HUT RI ke-77 ini, kami dari Pemerintah Nagari IV Koto Hilie membagikan bantuan bibit Padi Unggul kepada masyarakat dan kelompok tani,” jelas Satria Darma Putra, selaku Wali Nagari IV Koto Hilie, Kamis (18/8).
Bantuan bibit Padi Unggul diserahkan kepada 520 KK yang tersebar di seluruh kampung Nagari IV Koto Hilie. Ia menambahkan bantuan-bantuan yang bersumber dari anggaran dana desa itu dapat dimanfaatkan sebaik mungkin.
Satria menyebut sejak Januari hingga Agustus 2022, pihaknya telah banyak menyalurkan bantuan kepada masyarakat. Sebelumnya, ia bersama perangkat nagari juga telah menyalurkan bantuan bibit ikan dan pakan.
Usai itu, dilanjutkan lagi dengan menyalurkan bantuan ayam dan pakan serta kandang. Bahkan hampir separuh dari dana desa di nagari itu juga telah diterima Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang dinamai dengan Bantuan Langsung Tunai (KPM).
Tiap KPM menerima BLT sebesar Rp300 ribu per bulan selama satu tahun.
Satria mengatakan Nagari IV Koto Hilie tidak akan hentinya memberikan bantuan kepada masyarakat selagi itu tidak menyalahi ketentuan.
Lanjut dia, bantuan yang selama ini diserahkan merupakan pemanfaatan program ketahanan pangan yang diamanahkan pemerintah pusat melalui dana desa. Program ini menelan anggaran dana desa sebesar 20 persen. Sementara, untuk BLT sebesar 40 persen.
“Tahun ini merupakan tahun-tahun yang paling banyak kita menyalurkan bantuan kepada masyarakat. Kami pun senang anggaran dana desa ini lebih banyak tersalurkan untuk masyarakat,” ucapnya.
Sejumlah program-program bantuan yang dilakukan Pemerintah Nagari IV Koto Hilie tersebut mendapat apresiasi dari masyarakat. Menurut warga, Satria dinilai telah melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan amanah.
Sejauh ini, Nagari IV Koto Hilie selalu transparan dan menggunakan anggaran dana desa seusuai peruntukkan. Pemerataan bantuan juga tersalur dengan baik.
“Kami sangat senang. Semoga pak Satria tetap amanah dan dapat melanjutkan kepemimpinan di Nagari IV Koto Hilie dua periode,” tutur warga yang enggan disebutkan namanya.
(pt)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version