Mitra Kelompok Ternak Kubu Sepakat Membantu Berkembangnya Usaha Peternakan Kambing Kacang di Kubu Dalam Parak Karakah Padang

0
2411

Oleh : Dr. Evitayani dkk

bebi

PadangTIME.com- Program pengabdian kepada masyarakat dalam hal membantu mitra kelompk ternak “Kubu Sepakat” untuk tumbuh kembang usaha peternakan kambing kacang sudah dilaksanakan. Dalam hal ini Kelompok ternak “ Kubu Sepakat” yang berada di kelurahan Kubu Dalam Parak Karakah sangatlah luas. Luas areal lebih kurang 52 Ha. Kelompok ini berdiri sejak tahun 1987 dengan beranggotakan 35 orang dan sudah memiliki lebih kurang 12 ekor kambing kacang dan 10 ekor Sapi Simental. Rendahnya produksi ternak selain disebabkan oleh kurangnya pengetahuan peternak dalam cara pemeliharaan ternak yang benar, juga karena kurangnya pakan baik hijauan maupun mahalnya harga konsentrat. Dengan meningkatnya populasi ternak tentu membutuhkan hijauan yang lebih banyak dan mencukupi sepanjang tahun. Namun, penyediaan hijauan tersebut mengalami hambatan yang cukup serius. Berbagai kendala diatas maka perlulah sentuhan teknologi yang terpercaya sehingga dapat mengatasi kendala diatas. Pemanfaatan pupuk organik Sarana Tani Utama (STU) untuk dijadikan  pakan ternak dengan teknologi  yang efisien dan sangat mudah untuk diaplikasikan kepada peternak. Keunggulan pupuk organik plus STU: dengan kandungan unsur hara yang lengkap makro (N,P,K,Ca, Mg, dan S) dan Mikro (Zn,Co, Mn, B. Mo,Cu.Fe, dan C) serta terdapatnya hormon hormon yang dapat memberikan pertumbuhan dan produksi yang optimal. Seperti hormon Auksin dan Giberellin.Mikroba yang terkandung dalam pupuk organik plus STU dapat memperbaiki sifat fisik, kimia dan biologi tanah, sehingga tanah menjadi hidup kembali. Selanjutnya ditanam legume jenis indigofera yang sesuai sebagai pengganti pakan konsentrat hijauan. Legume dapat menghasilkan bakteri rhizobium yang dapat menyumbangkan nitrogen dari udara. Dengan adanya pemanfaatan teknologi di atas, peternak tidak akan kesulitan dalam menyusun ransum sehingga dapat meningkatkan bobot badan ternak. Peningkatan bobot kambing kacang akan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat .

Anggota Tim Pengabdian yang terdiri dari Dr. Evitayani, Prof. Lili Warly, Prof. Sumaryati Syukur, Prof. Busra Azheri dan Cipta Budiman SP.,MP sudah melakukan pengabdian ini tanggal 20 Desember 2020 dengan dana DIPA LPPM Unand Anggaran 2020 dengan Program Pengabdian Kepada Masyarakat Skim Program Kemitraan Masyarakat Membantu Usaha Berkembang Dengan Program Berkelanjutan Membantu Mitra Kelompok Ternak Kambing Kacang di Kubu Dalam, Padang

Dari program tersebut telah dilakukan pelatihan agar peternak mampu mengolah lahan untuk legume sebagai pakan ternak kambing kacang dengan pemupukan organik STU, dilakukan diskusi dan evaluasi. Tahapan pelaksanaan pengabdian di lakukan dengan pemberian pupuk organik STU pada lahan yang ditanam bibit Indigofera Zollingeriana. Kemudian pakan hijauan legume Indigofera dijadikan tepung Indigofera. Kemudian, diberikan susunan ransum ternak kambing kacang untuk meningkatkan bobot badan ternak kambing kacang serta menambah populasi ternak kambing kacang. Selanjutnya adanya pelatihan kewirausahaan yang dapat membuat peternak mandiri dan dapat meningkatkan perekonomian secara tajam .

Dari hasil evaluasi didapatkan bahwa peternak hampir 80% sudah mampu membuat ransum yang berkualitas dan telah menaikan bobot badan Kambing Kacang. Konsumsi ransum yang mengandung bahan organik (STU) dapat menghasilkan daging yang berkualitas. Selanjutnya, dimasa datang diharapkan program ini akan berlanjut dengan pembibitan kambing kacang sehingga peternak mitra “Kubu Dalam Sepakat” terus dibina dan dapat menghasilkan kambing yang tinggi reproduksinya sehingga dapat membantu kesejahteraan masyarakat serta luaran lain berupa P-IRT dan Merk Dagang dari produksi daging yang berkualitas. (Evitayani)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here