PadangTIME – Militer Azerbaijan mengklaim berhasil menembak jatuh pesawat tempur Su-25 milik separatis Armenia.
Azerbaijan telah menghancurkan tiga jet tempur Armenia dalam perang Nagorno-Karabakh. Dalam keterangan resminya, Kementerian Pertahanan Azerbaijan mengatakan jet tempur Su-25 milik Armenia sempat melancarkan serangan udara di wilayah Zangilan, Senin (2/11/2020) waktu setempat.

Militer Azerbaijan kemudian merespons manuver tersebut dengan membidik dan menembak rudal anti-pesawat yang berhasil menjatuhkan jet tempur itu.

Belum ada laporan apakah ada korban jiwa dalam serangan jet tempur Su-25 Armenia di wilayah Zangilan, demikian dikutip dari Anadolu Agency. Ini merupakan insiden ketiga yang melibatkan jet tempur Armenia dan tentara Azerbaijan dalam sebulan terakhir.

Pada Oktober lalu, militer Azerbaijan juga mengklaim berhasil menembak jatuh dua jet tempur Armenia buatan Rusia setelah melakukan serangan udara pascakesepakatan damai pertama. Armenia dan Azerbaijan kembali berperang memperebutkan wilayah konflik Nagorno-Karabakh di Kaukasus sejak 27 September lalu. Diperkirakan korban jiwa perang terbaru dua negara pecahan Uni Soviet mencapai lebih dari 1.000 orang.

Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, mengatakan negaranya siap bekerja sama dengan Rusia untuk menemukan solusi damai konflik Nagorno-Karabakh.
(nz)

Balang

LEAVE A REPLY

10 + = 17