Metodologi Pengabdian Kepada Masyarakat Siap Masuk Kurikulum Di IAIN Batusangkar

0
126

PadangTIME.com- Metodologi Pengabdian Kepada Masyarakat Siap Masuk Kurikulum Di IAIN BatusangkarĀ  Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) sebagai bagian Tridarma Perguruan Tinggi memiliki peran yang luar biasa untuk pengembangan Perguruan Tinggi dan Akreditasi. Dalam borang akreditasi Perguruan Tinggi sering terjadi kekurangan evidence terkait dengan kegiatan PkM.

bebi

Dirjen Pendis melalui Analis Kebijakan Ahli Madia pada Sub Direktorat Penelitian dan PkM Dr. Suwendi, M.Ag. selalu menyuarakan betapa pentingnya penguasaan Metodologi Pengabdian kepada Masyarakat untuk menunjang seluruh kegiatan pengabdian pada Perguruan Tinggi termasuk akreditasi. Harapannya, penguasaan terhadap metodologi PkM setiap kegiatan PkM dapat dilaksanakan secara terarah serta bersifat publikatif, metodologi PkM ini juga sangat relevan dengan program Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Untuk memperkuat wacana dan penerapan Metodologi PkM, Dirjen Pendis melaksanakan Short Course Metodologi Pengabdian kepada Masyarakat bagi dosen-dosen di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI). Kegiatan tersebut diselenggarakan melalui Surat Dirjen Pendis Nomor: B-836.I/DJ.I.III/KP.02.3/03/2021, Perihal Short Course Pengabdian kepada Masyarakat (Metodologi PAR, CBR, ABCD dan SL). Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI menginstruksikan Pimpinan PTKIN/ PTAIS mengutus peserta untuk mengikuti kegiatan tersebut sebanyak satu orang pada masing-masing kluster.

Setelah dilakukan seleksi, Alhamdulillah nama-nama peserta yang diusulkan oleh IAIN Batusangkar berjumlah empat orang yaitu Dewi Dahlan, M.IP; Saadatul Maghfirah, M.H; Dra. Hadiarni, M.Pd., Kons. Dr. H. Kamaluddin, M.Ag. dinyatakan lolos sebagai peserta untuk mengikuti kegiatan ini mulai tanggal 5 s.d 30 April 2021 dengan waktu Short Course di setiap kluster dilaksanakan selama 5 (lima) kali pertemuan.

Selain itu untuk memperlihatkan serta membuktikan keseriusannya pada kegiatan workshop dan koordinasi Kuliah Kerja Nyata Daerah 3T di Serpong beberapa waktu lalu yang diikuti oleh seluruh Kepala Pusat PkM seluruh PTKIN kembali dipertegas oleh Dr. Suwendi, M.Ag. bahwa akan diupayakan agar Metodologi Pengabdian masuk dalam kurikulum.

Berdasarkan Surat Dirjen Pendis dan hasil pembicaraan dalam beberapa pertemuan nasional, Dra. Hadiarni, M.Pd., Kons. Kapus PkM membahasnya bersama Rektor Dr. Marjoni Imamora, M.Sc. dan Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan Dr. Ridwal Trisoni, S.Ag., M.Pd. dan secara substansi pimpinan menyutujui metodologi PkM masuk dalam kurikulum dan melebur pada Matakuliah Metodologi Penelitian di IAIN Batusangkar. (HD/RE)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here