ads
SHENZHEN, CHINA – OPPO Find X5 Pro gunakan teknologi baterai lithium terbaru, Battery Health Engine yang dikembangkan oleh OPPO Institute. Battery Health Engine adalah solusi pengoptimalan kesehatan baterai tingkat sistem yang membuahkan hasil melalui penelitian dan inovasi selama tiga tahun.
Ini didasarkan pada chip manajemen baterai OPPO yang disesuaikan dan mencakup dua teknologi utama: Algoritma Kesehatan Baterai Cerdas dan Teknologi Penyembuhan Baterai.
Tidak hanya masa pakai baterai yang menjadi perhatian pengguna ponsel cerdas, tetapi masalah usia, baterai lithium yang tidak digunakan dan dibuang juga menjadi topik yang semakin mengkhawatirkan ketika menyangkut masa depan dan keberlanjutan.
Diproyeksikan bahwa selama delapan tahun ke depan, permintaan global untuk baterai lithium-ion akan meningkat sebelas kali lipat, mencapai lebih dari dua terawatt-jam pada tahun 2030.
Permintaan tersebut berasal dari kenaikan kendaraan listrik dan produk elektronik kecil seperti ponsel. Algoritma Kesehatan Baterai Cerdas Algoritma Kesehatan Baterai Cerdas melacak potensi listrik waktu nyata di seluruh elektroda negatif di dalam baterai.
Itu dapat secara dinamis menyesuaikan mata uang pengisian dalam kisaran yang wajar, secara efektif meminimalkan terjadinya lithium mati sambil mempertahankan arus pengisian maksimum. Ini membantu memastikan masa pakai baterai yang lebih lama dan kecepatan pengisian yang lebih cepat.
Untuk memahami sepenuhnya bagaimana inovasi ini bekerja, pertama-tama kita harus menjelaskan perilaku pengisian dan pengosongan baterai lithium di ponsel.
Struktur baterai lithium
Proses pengisian dan pengosongan secara sederhana dapat dilihat sebagai pergerakan ion litium antara elektroda positif dan negatif.
Pergerakan ion lithium
Setelah ion litium aktif tidak dapat kembali ke elektroda positif di bawah pengaruh arus berlebih atau pengisian daya yang berlebihan, ion litium tersebut akan menjadi litium mati, dan ini menyebabkan penurunan kapasitas baterai. Litium mati muncul karena arus yang berlebihan atau pengisian daya yang berlebihan Litium mati menyebabkan pengurangan masa pakai baterai
Oleh karena itu, kita perlu mempertahankan sebanyak mungkin ion lithium aktif sehingga kita dapat mengontrol arus pengisian. Saat ini hanya dengan mengontrol arus dan tegangan secara real-time dan dalam kisaran yang wajar kita dapat mengurangi terjadinya lithium mati.
Potensi elektroda negatif merupakan indikator penting dalam membantu ponsel memantau arus dan tegangan secara real-time. Dengan kata lain, jika potensial elektroda negatif dapat dipantau secara real-time, kita dapat mencegah munculnya litium mati.
Untuk mendapatkan potensi elektroda negatif secara real time, OPPO Institute telah mengeksplorasi solusi potensial di laboratoriumnya selama tiga tahun. Mengandalkan sejumlah besar data kinerja baterai, tim terus memperbaiki keakuratan model baterai untuk mengembangkan Algoritma Kesehatan Baterai Cerdas yang dapat melacak potensi elektroda negatif baterai secara real-time.
Dengan berkat teknologi ini, smartphone dapat menyesuaikan arus pengisian daya yang wajar untuk berbagai kapasitas baterai, adaptor pengisi daya, status baterai, dan tahap pengisian daya dengan menilai potensi elektroda negatif secara akurat.
Dari sini, kami kemudian dapat memaksimalkan pemeliharaan aktivitas lithium-ion dan memperpanjang umur baterai.
Teknologi Penyembuhan Baterai
Selain terobosan besar dalam algoritme, OPPO juga mengoptimalkan sistem kimia internal baterai di Find X5 Pro, menerapkan fitur penyembuhan melalui penggunaan Battery Healing Technology. Dengan meningkatkan formula elektrolit, elektroda terus diperbaiki selama siklus pengisian dan pengosongan baterai, membentuk film yang lebih stabil dan tahan lama yang disebut Antarmuka Elektrolit Padat.
Proses pembentukan Antarmuka Elektrolit Padat
Interfase Elektrolit Padat, juga dikenal sebagai SEI, dibentuk oleh reduksi dan reaksi sejumlah kecil pelarut polar dalam elektrolit. Ini terjadi ketika baterai lithium-ion diisi dan dikosongkan setelah mendapatkan beberapa elektron.
Ini kemudian didistribusikan pada permukaan bahan positif dan negatif dari baterai lithium, yang dapat mencegah kerusakan molekul pelarut pada bahan elektroda dan meningkatkan kinerja siklus elektroda. Oleh karena itu, selama proses antar-jemput ion lithium antara elektroda positif dan negatif, elektrolit dapat bekerja untuk memperbaiki SEI – faktor kunci lain yang mempengaruhi masa pakai baterai.
Battery Healing Technology membantu baterai untuk terus memperbaiki SEI selama siklus pengisian dan pemakaian, membuat SEI lebih stabil dan tahan lama secara real time. Hal ini juga mengurangi kerusakan yang ditimbulkan pada elektroda karena pengisian dan pemakaian, sehingga meningkatkan kinerja baterai dan memperpanjang umur baterai.
Dalam hasil uji laboratorium terbaru OPPO, kami menemukan bahwa Battery Health Engine mampu mempertahankan baterai pada 80% dari kapasitas aslinya setelah sebanyak 1.600 siklus pengisian daya. Ini secara efektif menggandakan umur baterai di bawah standar industri saat ini.
Masa pakai baterai Find X5 Pro berlipat ganda
Karena masa pakai baterai Find X5 Pro adalah dua kali lipat dari standar industri, ini dapat memaksimalkan perlindungan baterai sekaligus meningkatkan cara orang menggunakan handset mereka.
Mencapai kinerja baterai terbaik
Fokus dan pengembangan konstan OPPO dalam teknologi baterai telah memungkinkan perusahaan untuk mengubah pengalaman pengisian daya pengguna dan meningkatkan kekuatan smartphone.
Sebagai pemimpin teknologi pengisian daya, OPPO tahu bahwa pengembangan pengisian cepat di masa depan tidak hanya berhenti pada daya tinggi – tetapi juga harus mempertimbangkan aspek-aspek seperti keselamatan, portabilitas, kompatibilitas, dan masa pakai baterai.
Di sini, di OPPO, perusahaan mengambil langkah besar untuk meningkatkan dunia pengisian daya ponsel cerdas untuk sepenuhnya merevolusi pengalaman pengguna ponsel cerdas sambil berkontribusi pada keberlanjutan teknologi baterai lithium di masa depan.  (PT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini