PadangTIME.com- Untuk memeriahkan peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia, Pemerintah sejak dulu telah menyiapkan logo HUT RI yang bisa digunakan bersama-sama.
Uniknya secara umum logo antara 2005 hingga 2014 berupa angka berwarna merah yang dikelilingi Bendera Merah Putih yang menyerupai bentuk lidah api di bagian atas, serta tulisan “KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA” di bagian bawah.
Logo tersebut mulai mendapat kritikan setelah dirilisnya logo HUT RI ke-66 pada tahun 2011. Menjawab kritikan tersebut, pada tahun 2012, logo kemerdekaan mengalami sedikit perubahan dengan menambah garis putih pada angka serta mengurangi jumlah bendera. Namun, secara umum, logo tersebut tidak jauh berbeda dengan logo-logo sebelumnya.
Untuk tema, selama satu dekade tersebut (2005-2014) juga diwarnai dengan tema yang panjang, sehingga sulit dicerna hanya dengan sekali baca (tema tidak di logo), Akibatnya, tema hanya menjadi tulisan belaka yang tidak dihayati oleh rakyat Indonesia.
Tema kemerdekaan pada umumnya berupa kalimat majemuk yang diawali dengan latar belakang, diikuti dengan ajakan, dan diakhiri dengan tujuan; kecuali tema tahun 2013 yang tidak mengandung latar belakang.
Contoh Tema HUT ke-60 tahun 2005:
“Dengan Semangat Proklamasi 1945, Kita Perkokoh Persatuan Dan Kebersamaan, Menuju Indonesia yang Aman, Adil, Demokratis, dan Sejahtera.”
Contoh Tema HUT ke-68 tahun 2013:
“Mari Kita Jaga Stabilitas Politik dan Pertumbuhan Ekonomi Kita Guna Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat.”
Mulai tahun 2015, logo HUT RI mengalami perubahan drastis, 2015-2020, desain atau logo HUT RI selalu bervariasi. Supergraphic dalam logo pun terus diperbaharui diikuti dengan tema singkat yang berbeda setiap tahunnya.
Di tahun 2020 , logo HUT ke-75 RI ada perisai yang mengurung angka 75 di dalamnya dengan tema “Indonesia Maju”. Sayangnya, oleh sebagian orang, ide logo terutama supergraphic malah dianggap menyerupai atribut keagamaan tertentu.
 Dari Semua logo ini, mana yang jadi favorit kalian ?

(nz)

Balang

LEAVE A REPLY