Memahami Tajuk Rencana Media Massa

0
1006
Oleh : Anul Zufri
PadangTIME.com | Setiap media cetak yang terbit setiap hari, selalu ada tajuk rencana atau yang dikenal juga dengan sebutan editorial. Secara tioritis, tajuk rencana atau editorial merupakan opini dari media yang bersangkutan. Biasanya, tajuk rencana ditulis oleh pemimpin redaksi atau redaktur pelaksana atau redaktur bidang, sesuai dengan struktur dari jajaran redaksi media yang bersangkutan.
Sebagai sebuah tulisan, tajuk rencana berisi pendapat dan pandangan sebuah media sebagai institusi penerbitan terhadap persoalan aktual, fenomenal, atau kontroversial yang lagi berkembang ditengah masyarakat.
Kemudian, tajuk rencana tersebut bisa dikatakan pendapat atau sikap resmi dari media cetak terhadap persoalan yang sedang jadi kosumsi berita dihalam satunya. Bahkan, bisa juga diasumsikan tajuk rencana mewakili redaksi sekaligus mencerminkan pendapat dan sikap resmi media yang bersangkutan.
Sebagai sebuah tulisan, tajuk rencana mempunyai sifat dan ciri khas, karena tulisan tersebut menyikapi situasi yang berkembang di masyarakat luas baik itu aspek sosial, politik, ekonomi, kebudayaan, hukum, pemerintahan, atau olah raga bahkan entertainment, tergantung jenis liputan medianya.
Kemudian, tajuk rencana memiliki karakter atau konsistensi yang teratur kepada para pembacanya terkait sikap dari medianya terhadap masalah yang dibahas dan kupasnya, serta memberikan solusi, bagaimana pembaca ikut menilai dan mempersoalkan masalah yang jadi topik dari medianya.
Kata lainnya, tajuk rencana ada kaitannya dengan kebijakan media yang bersangkutan. Kenapa? Karena setiap media sudah barang tentu mempunyai perbedaan iklim tumbuh dan berkembang dalam kepentingan yang beragam, yang menaungi media tersebut.
Khusus tulisan berbentuk tajuk rencana, tidak dicatumkan siapa penulisnya, seperti tulisan feture. Tulisan tajuk hanya diberikan kode dengan tanda bintang. Kalau bintangnya tiga berarti ditulis oleh pemimpin radaksi, bintang dua oleh radaktur pelaksana dan bintang satu oleh redaktur bidang. (***)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini