Oleh: Dr. Sosmiarti, SE, MSi
( Ketua Divisi Membangun Desa dan Proyek Kemanusiaan MBKM UNAND)
Kegiatan: Monitoring Pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Membangun desa
Tema Kegiatan : Pemberdayaan Kelompok Sadar Wisata
Hari/ Tanggal: Sabtu / 23 Oktober 2021
Lokasi : Kampung Batu Busuak Kelurahan Lambuang Bukik Kecamatan Pauah Kota Padang
PadangTIME.com – Membangun Desa merupakan suatu bentuk pembelajaran dengan cara memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk hidup di tengah masyarakat di luar kampus, yang secara langsung bersama-sama masyarakat mengidentifikasi potensi dan menangani masalah sehingga diharapkan mampu mengembangkan potensi desa/nagari dan meramu solusi untuk masalah yang ada di desa. Kegiatan pembelajaran Membangun Desa/Nagari diharapkan dapat mengasah softskill kemitraan, kerjasama tim lintas disiplin/keilmuan (lintas kompetensi), dan leadership mahasiswa dalam mengelola program pembangunan di wilayah perdesaan
Program ini merupakan salah satu dari 9 Program Merdeka Belajar kampus Merdeka Universitas Andalas sesuai dengan PERATURAN REKTORNOMOR 17 TAHUN 2020 TENTANG MEMBANGUN DESA PROGRAM MERDEKA BELAJAR – KAMPUS MERDEKA. Merdeka Belajar – Kampus Merdeka yang selanjutnya disingkat dengan MBKM adalah kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, yang memfasilitasi hak mahasiswa untuk belajar di luar program studi.
MANFAAT PROGRAM MEMBANGUN DESA
Penyelenggaraan Membangun Desa/Nagariakan memberikan manfaat baik bagi mahasiswa, dosen, institusi Unand dan pemerintahan desa. Manfaatnya bagi Mahasiswa mahasiswa mampu melihat potensi desa, mengidentifikasi masalah dan mencari solusi untuk meningkatkan potensi dan menjadi desa mandiri.Mahasiswa juga dapat mengaplikasikan ilmu yang dimiliki secara kolaboratif bersama dengan Pemerintah Desa/Nagari dan unsur masyarakat untuk membangun desa.
Mahasiswa mampu memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan keterampilan yang dimilikinya di lapangan yang disukainya; dan yang terpenting adalah pembinaan karakter mahasiswa dengan internalisasi berbagai kebajikan (virtues) yang diyakini dan digunakan sebagai landasan untuk cara pandang, berpikir, bersikap, dan bertindak untuk diterapkan dalam kehidupan pribadi, sebagai anggota masyarakat, dan warga negara yang religius, nasionalis, produktif dan kreatif.
Sejumlah mahasiswa dan dosen dapat mengusulkan tema tertentu yang mereka minati dan didaftarkan pada MBKM Unand untuk dilaksanakan selama satu semester di Desa atau Nagari tertentu. Program ini akan dijalankan mahasiswa dengan jumlah SKS 20-21, mahasiswa akan mendapatkan pembekalan, perkuliahan dan berkesempatan menjalankan pendataan atau survey untuk tugas akhir mahasiswa serta yang lebih menarik lagi dalam program ini adalah kegiatan ini sudah terintegrasi Kuliah Kerrja Nyata ( KKN) di dalamnya.
Hasil Monitoring Ketua Divisi Membangun Desa dan Proyek Kemanusiaan MBKM Unand Dr. Sosmiarti, SE, Msi dalam Pelaksanaan Program Membangun Desa di kampung Batu Busuak ini telah menunjukkan mahasiswa dan pembimbing (Riza Andesca Putra, S.Pt, MP}telah mampu menggerakkan masyarakat untuk berpartisipasi aktif mempersiapkan dan mengembangkan kampung ini menjadi kampung Wisata bersama Pokdarwis dan masyarakat melalui aksi pembenahan taman, berbagai pelatihan dan kegiatan lainnya yang sudah direncanakan.
Kedepanya diharapkan kampung Batu busuak dapat menjadi salah satu tujuan wisata yang diminati di Kota Padang sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.
Ada banyak kegiatan yang dilakukan mahasiswa, diantaranya renovasi taman, yang merupakan pintu gerbang dari objek wisata batu Busuak. Diharapkan dengan dibenahinya taman ini akan memberi warna tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung di Objek Wisata Batu Busuak.
Kedekatan Mahasiswa dengan masyarakat setempat merupakan kunci sukses pelaksanaan program ini.Masyarakat harus menjadi bagian dan berkontribusi dalam kegiatan ini untuk keberlanjutan program. Dengan adanya Program MBKM membangun Desa Di Kampung batu busuak ini inya Allah akan memperkuat peran Universitas Andalas dalam bina lingkungan sekitas Kampus untuk kejayaan bangsa. (PT)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here