Mbah Ras : ”Ternyata Tentara Pandai Guyon”

384

PadangTIME.com – BLORA — Baru dua hari berada di lokasi TMMD Reguler ke-104 Kodim 0721/Blora, di Desa Jurangjero, Kecamatan Bogorejo, tampak tidak ada sekat antara warga dan TNI anggota Satgas. Di sela-sela istirahat kerja, tidak jarang TNI bercanda dengan warga setempat. Banyak obrolan ringan yang mereka lakukan.

Adalah Mbah Ras (70), seorang warga Desa Nglengkir Rt 07/ Rw 01 yang setiap harinya berada di loksi TMMD. Meski tidak ikut kerja lantaran tenaganya yang sudah lemah, namun Mbah Ras sering ke lokasi TMMD untuk sekedar berkomuniksai dengan Tntara. ”Kula gumun tenan, ABRI niku biasane kan serem-serem, lah iki kok podo pinter guyon (saya heran betulan, ABRI itu biasanya serem-serem, lah ini kok sama pandai bercanda -Red),” ungkap Mbah Ras dengan logat Jawa medhok.

Bagi anggota Satgas TMMD, kehadiarn Mbah Ras, yang termasuk tokoh sepuh di Desa Nglengkir didgunakan untuk berkesempatan ngobrol bersama, disaat jeda istirahat bekerja. Banyak hal yang diobrolkan, tidak saja dengan Mbah Ras, melainkan juga dengan sesama warga yang setiap harinya ikut bergotong royong dengan TNI.

Pelda Ahib, salah seorang anggota satgas TMMD Kodim Blora, mengemukakan, kedekatan para Satgas dengan warga ei pedesaan yang tengah digelar TMMD merupakan bukti bahwa TNI selalu berada di tengah-tengah rakyat. (pendim 0721/Blora)

Balang

LEAVE A REPLY