Masyarakat Lubuk Alung harapkan Ir. H. Elfi MM Datuak Tumanggung Sati Jadi Bupati

6105

Padang TIME.com-Pesta Demokrasi pemilihan kepala daerah di Kabupaten Padang Pariaman semakin menarik dan hangat dibicarakan oleh masyarakat, baik warung kopi maupun di daerah tempat tertentu. Salah seorang tokoh masyarakat Lubuk Alung Sulaiman L mengharapkan Elfi untuk menjadi Bupati,  hal itu dikatakan baru baru ini di Lubuk Alung.

“Jika Rasa itu ada, tampak dan jelas terlihat. Maka saya akan putuskan maju menjadi calon bupati Padang Pariaman. Jika tidak, ya mungkin kita pending lagi. Sebab pada satu sisi, bupati Mentawai masih sangat butuh saya meneruskan program pembukaan infrastruktur di daerah tersebut,” ujar Elfi

Bacabup yang saat ini menjabat Kepala Dinas PUPR kabupaten Mentawai ini menjelaskan konsep rasa ini sebagai bagian dari menjawab pertanyaan sejumlah kalangan tentang keseriusannya maju menjadi orang nomor satu di Padang Padang Pariaman periode 2021 – 2026 mendatang.

Penerapan konsep rasa ini, menurut Elfi, tidak hanya dia pakai untuk memutuskan maju ke pilbub tetapi sudah dia pakai untuk segala kegiatan baik pribadi maupun menyangkut kepentingan orang banyak.

“Jika rasa itu sudah muncul makanya, biasanya, apa yang saya kerjakan selalu berhasil dan selalu mendapatkan pertolongan Allah,” kata Elfi lagi.

Saat ditanya apakah saat ini rasa itu sudah ada terasa olehnya, Elfi tersenyum lebar. Menurut dia saat ini banyak rekan dan orang kampungnya yang sudah menggadang gadangkan dirinya maju menjadi bupati Padang Pariaman.

Upaya tersebut, kata Elfi salah satu bentuknya dengan memajang spanduk ucapan Selamat Hari Raya Idhul Fitri 1440 H yang mencantumkan nama dan fotonyo di spanduk tersebut.

Secara pribadi kata Elfi dia memandang belum perlu dilakukan secara masif. Sebab politik pilkada, termasuk di Padang Pariaman, bukanlah ringan justru sangat berat. Oleh sebab itu, kata Elfi dia sangat berhati hati dalam memutuskan untuk maju atau tidak.

Namun demi antusiasme para pendukungnya Elfi mempersilahkan saja spanduk ucapan lebaran itu dipasang. Mudah mudahan saja proses ini bisa membuka rasa rahasia peluang dia maju menjadi cabup Padang Pariaman.

Program yang bermanfaat bagi Nagari

Meski mengaku masih menunggu rasa itu datang tetapi Elfi sudah memikirkan sejumlah program aksi yang bakal dia tawarkan saat masa kampanye nanti.

Salah satunya adalah pembangunan kawasan lansia di kenagarian yang berbasis pelayanan maksimal dan sarana lengkap bagi para orang tua masyarakat di kampung maupun di rantau.

Dalam pikirannya, di atas tanah seluas 10 dibangun satu komplek pengasuhan para lansia laki laki maupun perempuan. Mereka dirawat dan dilayani mandi makan minumnya oleh perawat bersertifikasi.

Dana pembangunan komplek bisa berasal dari APBN dan APBD, sementara biaya operasional berasal dari dinas terkait dan anggaran Pemkab Padang Pariaman.

Mengapa Elfi memandang penting menyiapkan komplek pengasuhan orang tua ini, tidak lain dari hasil pencermatannya, banyak para orang tua di kampung yang hidupnya terlantar bahkan cenderung tersia sia. Bahkan ada sebahagian lagi yang terpaksa hidup di jalanan. Sebab keluarga dan anak anak tak mau lagi merawatnya.

Elfi justru cemburu dengan mentalitas orang China yang selalu hormat dan merawat orang tuanya secara benar. Belajar dengan pengalaman itulah Elfi berniat jika dia terpilih menjadi bupati maka program keperawatan para lansia ini akan menjadi prioritasnya.

Tetapi, jelas Elfi, metode keperawatan lansia yang dimaksud bukan seperti Panti Jompo milik Jompo. Tetapi pengelolaan komplek lansia yang didukung oleh para perantau. Sistim yang diterapkan subsidi silang tetapi dengan manajemen terbuka dan dilola oleh manajemen profesional.

“Manajemennya sangat terbuka dan transparan. Siapa saja boleh akses,” kata Elfi.

Selain memiliki tempat pemondokan lansia, kawasan ini juga memiliki sejumlah kamar setara wisma dengan fasilitas tempat tidur lengkap. Tujuannya jika anak para lansia mau melihat orangtuanya bisa tidur sekaligus di komplek itu.

Kebutuhan membezuk orang tua di Ranah Minang pada umumnya, menurut Elfi pada musim lebaran seperti akan datang atau pada saat hari raya Haji. Biasanya pada saat itu banyak para perantau lebih memilih tidur di hotel saat pulang kampung.

Nah dengan konsep yang dia tawarkan ini Elfi yakin masalah tempat tinggal selama di kampung bisa diantisipasi.

Selain itu Elfi juga mengorientasi program kerjanya kepada azas manfaat bagi anak nagari. Sebab selama ini program yang dibuat kurang menyentuh kebutuhan anak nagari. Misalnya dari sisi ekonomi, banyak usaha potensial di nagari tidak berkembang karena kurangnya dukungan anggaran dari pemda.

Salah satu program usaha sehat yang akan dia kembangkan adalah penyehatan lingkungan dan sanitasi perumahan rakyat, baik dapur dan toilet melalui penyiapan anggaran masing masing dinas.

Artinya, nanti akan ada program perkuatan perbaikan kualitas sarana sanitasi di rumah rumah penduduk, termasuk edukasi rumah sehat.

Mengapa program ini menjadi fokus Elfi? Alasannya dari rumah yang sehat akan lahir anak anak dan generasi yang cerdas dan pintar.

Elfi juga menginginkan bakal ada program dukungan intensif terhadap lulusan SMA masuk Akabri dan kedokteran yang proses pemantauannya sudah dilakukan saat yang bersangkutan masuk SMA.

“Tujuannya supaya terjadi peningkatan derajat dan kualitas masyarakat Padang Pariaman dalam porsi tugas yang lebih membanggakan. Kita ingin dua puluh tahun setelah itu ada sejumlah anak nagari menjadi jenderal dan dokter ternama,” katanya lagi.

Program peningkatan kualitas SDM ini menurut Elfi nantinya akan difasilitasi oleh Pemda Padang Pariaman seperti layaknya pemberian bea siswa bagi mahasiswa di perguruan tinggi dalam maupun luar negeri.

Dari sisi fisik, jelasnya, pembangunan sarana dan infrastuktur di Padang Pariaman juga dikaitkan dengan peningkatan kualitas ekonomi masyarakat, salah satunya dengan pembentukan program menanam komoditi laris pasar sesuai dengan selera nagari masing masing.

Misalnya akan ada nanti nagari yang setiap jengkal tanah di halaman atau parak penduduk di tanam lengkuas dan jahe secara masif. Nanti kalau sudah panen akan dibeli para toke langsung ke nagari terbaik.

Artinya dari semua dedikasi program yang dirancang Elfi kesemuanya adalah bersifat kemaslahatan bagi orang banyak dan bagi dirinya menjadi jalan untuk berbuat baik sebanyak banyaknya (A/T)

Balang

LEAVE A REPLY