wawancara susi pudjiastuti dengan mike tyson
PadangTIME.com – Pertemuan Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Susi Pudjiastuti dengan Legenda Tinju Kelas Berat Dunia era 90an Mike Tyson di Amerika Serikat akhir-akhir ini menarik untuk disimak. Mengingatkan kita akan kedatangan Legenda Tinju Kelas Berat Dunia era 70an, Muhammad Ali.
Kali ini Susi Pudjiastuti melakukan komunikasi politik tingkat dunia, walau Mike Tyson sudah pensiun dari ring tinjunya, namun memiliki kesamaan dengan Muhammad Ali, yaitu status keagamaannya yang muslim.  Disamping itu jika nanti Mike Tyson bisa datang ke Indonesia, tentu bisa berpengaruh bagi aspek sosial, politik, dan ekonomi Indonesia.
Berikut kutipan wawancara Susi Pudjiastuti dengan Mike Tyson, dikutip   dari akun IG @susipudjiastuti115, Jum’at (2 Oktober 2020).
Susi Pudjiastuti mengundang Mike Tyson ke Indonesia di sela-sela acara Mola Living Live dengan tema Life Lessons from The Chamap, Jumat, 2 Oktober 2020 lalu.
Dalam acara itu, Susi Pudjiastuti bertindak sebagai host untuk mewawancarai Mike Tyson. Susi Pudjiastuti tercatat dua kali menjelaskan situasi dan kondisi Indonesia sebelum mengundang Mike Tyson.
Pertama, Susi Pudjiastuti menyebut Indonesia adalah negara dengan populasi muslim terbesar di dunia.
Susi menilai Mike Tyson suatu saat harus berkunjung ke Indonesia untuk mengunjungi saudara-saudaranya sesama muslim.
Hal itu diungkapkan Susi ketika Mike Tyson bercerita tentang pengalaman dirinya mengenal Islam hingga akhirnya menjadi mualaf sebelum dipenjara pada 1992.
“Anda tahu, Indonesia adalah sampai saat ini masih menjadi negara dengan populasi muslim terbesar di dunia. Indonesia adalah negara besar dengan kehidupan damai,” kata Susi Pudjiastuti.
“Ya, saya sudah mengetahui dan mendengar itu sebelumnya. Itulah (Indonesia) tempat yang ingin saya kunjungi,” jawab Mike Tyson.
Kedua, Susi Pudjiastuti juga menjelaskan keragaman makanan dan kekayaan laut Indonesia kepada Mike Tyson. Susi Pudjiastuti menjelaskan hal itu ketika Mike Tyson bercerita bagaimana pola makan dan program dietnya ketika kini tidak lagi menjadi petinju.
alam keterangannya, Mike Tyson mengaku kini tidak lagi mengonsumsi daging ayam atau sapi dan lebih menjadi vegan.
Pada akhir penjelasannya program dietnya, Mike Tyson bertanya apakah Indonesia memiliki banyak buah-buahan? Mendapat pertanyaan itu, Susi Pudjiastuti langsung mempromosikan keragaman makanan di Indonesia.
“Ya tentu saja. Di sini ada banyak buah segar seperti mangga, pisang, manggis, dan banyak buah tropis lainnya,” kata Susi Pudjiastuti.
“Indonesia juga memiliki banyak hewan laut (sea food),” tambah Susi Pudjiastuti menimpali pernyataan Mike Tyson yang kini menyukai daging hewan liar seperti rusa dan bison.
Mendengar penjelasan Susi, Mike Tyson menjawab: “Wow, itu sangat luar biasa,” Setelah hampir satu jam berbincang, Susi Pudjiastuti pada akhirnya mengundang Mike Tyson untuk berkunjung ke Indonesia.
Berikut adalah transkrip ketika Susi Pudjiastuti mengundang Mike Tyson ke Indonesia.
Susi: Saya sudah tidak sabar melihat Anda mengunjungi Indonesia. Saya dengan senang hati bersedia menjadi guide Anda selama di Indonesia.
Mike Tyson: Insya Allah, Insya Allah.
Susi Pudjiastuti: Insya Allah. Pasti, itulah kata bahasa Indonesia untuk mengucapkan “a must”. Terima kasih Mike.
Mike Tyson: Terima kasih, Assalamualaikum.

(naufal zahtian)

LEAVE A REPLY