Majukan Wisata Daerah, Pokdarwis Harus Memiliki Pengetahuan Berbasis IT

0
8840
Padang TIME | Keterlibatan masyarakat sangat di perlukan dalam melakukan pengembangan bidang kepariwisataan.
Tingkatkan kesejahteraan masyarakat begitu Upaya kita agar potensi tersebut bisa di manfaatkan masyarakat , termasuk juga di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel).
Harapan itu di sampaikan Sekretaris Kabupaten Pesisir Selatan, Mawardi Roska, Senin (27/3) di Painan.
Dia juga menjelaskan bahwa sebagai salah satu daerah yang sudah di jadikan sebagai daerah tujuan wisata, pengetahuan masyarakat yang tergabung pada kelompok sadar wisata (Pokdarwis) tentang Ilmu Teknologi (IT) juga perlu di tingkatkan.
“Sebab peran serta dan keterlibatan masyarakat memang diperlukan dalam mendukung upaya pengembangan ke pariwisata. Dari itu masyarakat juga harus didorong untuk ikut dalam pengembangan pariwisata, dan sekaligus mengambil manfaat ekonomi untuk peningkatan kesejahteraan mereka,” katanya.
Dari itu peningkatan dan pengembangan gerakan sadar wisata pada setiap objek wisata,harus di iringi dengan sumber daya manusia (SDM) yang profesional.
Hal itu bisa di pengaruhi oleh sikap dan keramahtamahan dari masyarakat lokal itu sendiri.
“Oleh karena itu, maka pembangunan kepariwisataan perlu mendapatkan dukungan dan keterlibatan dari seluruh pemangku kepentingan di bidang pariwisata. Dalam hal ini masyarakat  harus di libatkan dengan pemerintah karena juga dari kalangan swasta,” ujarnya.
Agar tidak terdampak negatif, Objek wisata yang di kembangkan perlu ada ide yang tepat pada masyarakat dan daerah wisata itu.
“Memanfaatkan teknologi juga penting, agar kawasan wisata yang di kelola bisa berkembang dan di kenal luas oleh masyarakat,” ingatnya.
Lebih jauh di jelaskan bahwa dalam mengembangkan pariwisata di suatu daerah, perlu di lakukan analisis situasional.
“Analisis situasional ini tidak saja di lakukan oleh pemerintah, tapi juga oleh para pelaku bisnis pariwisata itu sendiri. Caranya adalah dengan menggali potensi wisata yang ada,” ujarnya.
Untuk mendorong pelaku wisata untuk saling bersinergi Pokdarwis  agar terus meningkatkan kapasitas dan wawasannya dalam menerapkan IT.
Hal itu di sampaikannya karena memiliki multiplier effect yang sangat luas untuk sektor pariwisata yang potensial untuk pemberdayaan ekonomi rakyat .
“Saya katakan demikian, karena usaha-usaha di sektor pariwisata memiliki keterkaitan langsung dengan banyak sektor, serta juga mampu mempengaruhi kehidupan ekonomi kerakyatan,” tutupnya. (pt)
bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini