Home Inspiratif Mahasiswa KKN UNP Kelurahan Bungo Pasang Ciptakan Alat Tempat Sampah Otomatis

Mahasiswa KKN UNP Kelurahan Bungo Pasang Ciptakan Alat Tempat Sampah Otomatis

0
Padang TIME – Kuliah Kerja Nyata Universitas Negeri Padang (KKN UNP) Kelurahan Bungo Pasang, Koto Tangah, Kota Padang (10/2), senyerahan alat tempat sampah otomatis yang bisa menghasilkan uang sekaligus mensosialisasikan pemilahan sampah pada masyarakat, di kediaman lurah kelurahan Bungo Pasang Koto Tangah Kota Padang.
Kegiatan ini bagian dari pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh Mahasiswa KKN UNP Kelurahan Bungo Pasang.
Dalam kegiatan ini Mahasiswa KKN UNP membuat alat tempat sampah otomatis yang diberi nama Automatic Bin Upe (Unic, Profitable, and Environment Sociable) yang berarti alat ini unik, menguntungkan, dan ramah lingkungan.
Penyerahan alat tersebut dilakukan saat acara penutupan KKN yang bertempat di Posko 1 KKN UNP Bungo Pasang, RT 1/RW12 pada, Kamis (10/12). Patria selaku Lurah Bungo Pasang dalam pidatonya mengucapkan banyak terima kasih kepada mahasiswa yang telah melaksanakan banyak program kerja yang bermanfaat untuk masyarakat setempat. Lebih lanjut, ia juga berharap setelah KKN ini selesai mahasiswa dapat lebih dewasa dan lebih pandai dalam berperilaku terhadap masyarakat.
Penyerahan alat ini  ihadiri langsung oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH), BASUKI (Bank Sampah untuk Kita) serta lurah kelurahan Bungo Pasang dan jajarannya yang bertempat di kediaman lurah kelurahan Bungo Pasang.
Automatic Bin UPE (Unic,  Profitable, and Environment Socialable) merupakan sebuah inovasi tempat sampah otomatis yang dibuat dalam rangka menarik minat masyarakat dalam membuang sampah.
Alat ini dirancang layaknya mesin ATM namun memiliki sedikit perbedaan dalam sistem kerjanya.
Prinsip Kerja alat yaitu apabila seseorang memasukan sampah botol plastik ke dalam Automatic Bin UPE, maka alat secara otomatis dapat menghitung jumlah sampah yang masuk dengan harga masing-masing botol yang sudah ditentukan.
Setelah semua sampah botol dimasukkan maka akan keluar kupon yang menampilkan total harga dari pembuangan sampah. Alat ini akan bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Bank Sampah untuk Kita (BASUKI) atau pihak terkait lainnya selaku lembaga support  untuk penukaran kupon.
Sri Mina selaku perwakilan dari BASUKI mengatakan “ Kami sangat berterima kasih dan tidak menyangka akan mendapat alat secanggih ini, yang dibuat langsung oleh mahasiswa KKN UNP. Alat ini nantinya akan kami letakkan di BASUKI agar dapat menigkatkan minat masyarakat unuk membuang sampah ”
Relif Hagler Sentosa Marbun selaku penanggung jawab pembuatan Automatic Bin Upe mengatakan “Dengan adanya alat ini diharapkan dapat meningkatkan minat masyarakat dalam membuang sampah sehingga tercipta lingkungan yang bersih dan asri.
  (pt)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version