Litbang Bappeda Kota Pariaman Ikuti Seminar Kemendagri Bertajuk “Policy Brief”

17

Padang TIME.com – Pemerintah Kota Pariaman melalui instansi Bappeda Bidang Penelitian dan Pengembangan (Litbang) mengikuti seminar dengan tajuk “menuliskan hasil penelitian dalam bentuk Policy Brief untuk menghasilkan kebijakan yang berkualitas dan berbasis bukti” yang digelar oleh Kementerian Dalam Negeri RI melalui virtual, Jumat (28/8/2020).

Seminar dibuka oleh Kepala BPP Kemendagri RI, Agus Fatoni. Hadir mewakili Pemko Pariaman, Kabid Litbang Bappeda Kota Pariaman, Yalvihendri.

Yalvihendri mengatakan, kebanyakan penelitian dari pihak ketiga dalam  bentuk dokumen itu halamannya terlalu tebal, penelitian tersebut cendrung hanya disimpan dan tidak menjadi alat kebijakan oleh pembuat kebijakan atau tidak ada komunikasi berlanjut secara struktural terhadap sebuah hasil penelitian tersebut.

Dalam seminar hari ini, Kemendagri mengusulkan masing-masing Litbang tiap daerah untuk menggunakan konsep Policy Brief (kertas kebijakan) dalam sebuah penelitian.

“Konsep policy brief ini dapat menjadi instrumen sebuah penelitian yang dikemas dalam bentuk ringkas, sederhana, singkat dan padat serta memiliki opsi yang jelas “, imbuh Handri.

Disamping itu, penelitian harus bersifat relevan dengan situasi yang terjadi, tepat waktu (update) dan dapat ditindaklanjuti.

Yulvihandri menambahkan, rencana kedepan Pemko Pariaman melalui Bidang Litbang Bappeda adalah melakukan penelitian strategis di bidang kesehatan, ekonomi, pendidikan, pariwisata dan lainnya. Diharapkan hasil penelitian tersebut dapat bermanfaat bagi pimpinan daerah dalam membuat suatu kebijakan.

Kita juga berharap adanya penambahan SDM jabatan fungsional penelitian di instansi Bappeda Bidang Litbang. Tujuannya agar masing-masing SKPD dapat melakukan penelitian secara efisien “, tutup Handri. (rill/PT)

Balang

LEAVE A REPLY