KWT Nuansa Indah Solok Studi Tiru ke KWT Anggrek Bulan Desa Kp.Baru Pariaman

0
794
ads

PadangTIME.com – Kelompok Wanita Tani (KWT) Anggrek Bulan Desa Kampung Baru Kecamatan Pariaman Tengah Kota Pariaman, mendapat kunjungan dari KWT Nuansa Indah. Rombongan yang berjumlah sebanyak 25 orang tersebut merupakan anggota KWT Nuansa Indah yang diketuai oleh Ibu Trisnaini, terletak di Kelurahan Kampung Jawa Kota Solok.

Kedatangan mereka disambut baik oleh Ketua KWT Anggrek Bulan Bunda Afrianti beserta anggota, juga didampingi oleh Sekretaris Dinas Pertanian Pangan Perikanan Kota Pariaman Bapak Ferialdi beserta staff dan PPL Pertanian yang bertugas di Kecamatan Pariaman Tengah Kota Pariaman.

KWT Nuansa Indah adalah KWT yang baru berjalan selama satu tahun dan baru mulai berkembang. Untuk lebih memajukan lagi KWT ini, maka, kami datang berkunjung ke seni karena selama ini kami telah mendengar KWT Anggrek Bulan yang sudah sering ikut pameran di provinsi, apalagi kami mendengar dari Bapak Ferialdi saat ini KWT Anggrek Bulan sudah punya koperasi, hal tersebut disampaikan oleh Trisnaini saat diwawancarai oleh Tim Peliput MCP, Senin (7/2) di Posko KWT Anggrek Bulan.

“Jadi tujuan kami kesini adalah melakukan study tiru, tentang bagaimana cara mengembangkan KWT agar bisa berkembang lebih baik, dan bagaimana cara mengelola dana bantuan KRPL yang diberikan ke KWT agar bisa termanfaatkan dengan baik, sekaligus kami ingin mengetahui seperti apa cara yang dilakukan oleh KWT Anggrek Bulan sehingga mempunyai anggota yang sangat kompak sekali”, ucap Trisnaini.

Menanggapi ucapan Trisnaini, Ferialdi membenarkan hal tersebut. Beliau mengatakan KWT Anggrek Bulan Desa Kp.Baru merupakan KWT yang sudah berkembang, bahkan berkat usaha dan kekompakan anggotanya, sekarang KWT Anggrek Bulan sudah mempunyai Koperasi yang baru berjalan satu tahun, bahkan sudah mempunyai badan hukum, berkat bantuan dari Dinas Perindagkop dan UKM Kota Pariaman, karena koperasi Anggrek Bulan dalam jangka waktu satu tahun sudah berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp.30 Juta dari simpanan pokok dan simpanan wajib mereka selama ini.

“Saya rasa sangat tepat sekali KWT Anggrek Bulan menjadi tempat study tiru bagi KWT Nuansa Indah yang baru saja berkembang. Intinya kita harus kompak dan satukan persepsi serta niat untuk memajukan KWT, karena banyak KWT yang baru tumbuh tidak berjalan dan berkembang karena mereka tidak tau apa yang akan mereka lakukan”ungkap Ferialdi.

Beliau berpesan, manfaatkan OPD terkait untuk mengembangkan KWT, karena di OPD tersebut banyak juga mempunyai program-program yang sama dengan KWT, seperti Dinas Pertanian, Dinas Kesehatan, Dinas Perindagkop, Dinas P3AKB, agar selalu didampingi dan dibina untuk memajukan KWT.

Sementara itu Ketua KWT Anggrek Bulan Afrianti, menyampaikan ucapan selamat datang dan terimakasih kepada KWT Nuansa Indah, yang telah mempercayakan KWT Anggrek Bulan menjadi tempat study tiru bagi mereka.

Afrianti menerangkan, semua keberhasilan ini tidak terlepas dari bantuan dan pembinaan yang dilakukan oleh OPD terkait yang di Kota Pariaman seperti Dinas Pertanian Pangan Perikanan, DP3AKB, Disperindagkop dan UKM, Dinas Kesehatan, juga DPMDes, dan PPL yang selalu setia mendampingi mereka setiap saat sehingga mereka bisa tumbuh dan berkembang seperti saat sekarang ini.

“Kami yang tumbuh dari tahun 2012, berawal dari membuat olahan pangan keripik sala, serundeng pisang ,serundeng ubi, dan berkembang ke tanaman pangan. Tahun 2018/2019 KWT kami dibantu Program KRPL oleh pemerintah melalui Dinas Pertanian, dan alhamdulillah berkembang sampai sekarang, dan kami melanjutkan dengan memanfaatkan pekarangan dengan tanaman yang bermanfaat yang hasilnya kami jadikan olahan KWT Anggrek Bulan”, terangnya lebih lanjut.

Desember 2020 KWT Anggrek Bulan yang beranggotakan 20 orang dibantu oleh Disperindagkop dan UKM Kota Pariaman untuk dijadikan koperasi dengan nama “Koperasi Anggrek Bulan Mekar”. Koperasi yang sudah berkembang ini, sampai sekarang anggotanya sudah menjadi 30 orang, bahkan sudah berbadan hukum berkat bantuan dari Disperindagkop dan UKM Kota Pariaman.

Afrianti berharap semoga kedatangan KWT Nuansa Indah Kota Solok melakukan study tiru ke KWT Anggrek Bulan tidak sia-sia, dan ada ilmu yang dibawa ke daerahnya untuk diterapkan di KWT mereka sehingga bisa maju dan berkembang juga. ( PT/tachi)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini