Kuliah Umum bersama Sekretaris Jenderal Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia

0
653

Padang TIME – Sabtu, 12 Februari 2022 telah dilaksanakan Kuliah Umum Bersama Praktisi, yaitu Maulana Yusran (akrab disapa Pak Alan), yang merupakan Sekretaris Jenderal Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI). Kuliah Umum ini membahas  topik Pengendalian Mutu Pada Industri Hotel dan Restoran”. 

Acara ini dibuka oleh Kepala Badan Penjaminan Mutu Universitas Negeri Padang yang juga merupakan koordinator Mata Kuliah Pengendalian Mutu di Program Studi D4 Manajemen Perhotelan, Dr.Kasmita, S.Pd.,M.Si, dan diawali dengan perkenalan profil Maulana Yusran yang disampaikan oleh  Dwi Pratiwi Wulandari, MM.Par selaku Pembawa Acara.

Maulana Yusran. memperoleh gelar Master of Science Computer Information System (M.Sc) dan Master Business Administration Management (MBA) dari Southern New Hampshire University, di New England Amerika Serikat pada tahun 2000 dan 2001. Beliau memperoleh gelar Insinyur bidang Mechanical Enginering, di Institut Sains dan Teknologi Nasional Jakarta pada tahun 1994.

Kuliah umum ini diinisiasi oleh Tim Dosen Pengajar Mata Kuliah Pengendalian Mutu pada Program Studi D4 Manajemen Perhotelan, antara lain Dr.Kasmita, S.Pd.,M.Si,Hijriyantomi Suyuthie, SIP.,MM, IDwi Pratiwi Wulandari,SST.Par.,MM.Par dan Andriwifa, M.Si. Tim Dosen Pengajar berpendapat bahwa sudah seharusnya  ProgramD4 Manajemen Perhotelan sebagai Program Studi Vokasi,   bersinergi dengan praktisi dari industri perhotelan untuk menciptakan link and match antara Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) dalam menghasilkan sarjana terapan yang berkualitas yang mengetahui teori secara akademis dan praktik di industri, hal ini menjadi tujuan utama diadakannya kuliah umum ini.

Pada kesempatan ini, pemaparan materi oleh Narasumber yaitu  Alan dilakukan menjadi 2 bagian, yaitu pemaparan materi dan  tanya jawab serta diskusi dengan peserta agar penjelasan beliau lebih dipahami. Acara kuliah umum ini dihadiri oleh seluruh mahasiswa-mahasiswi Program Studi D4 Manajemen Perhotelan semester 5.

Mahasiswa sangat antusias mengikuti kuliah umum , terlihat dari pertanyaan yang diajukan oleh mahasiswa terkait penyusunan SOP sebagai salah satu bagian darikegiatan penjaminan mutu, proses perencanan, bagaimana melaksanakan pengendalian mutu, serta menciptakan budaya mutu di tengah keberagaman karakter dan sumberdaya manusia di industri perhotelan dan kepariwisataan.

 Allan menyampaikan bahwa “fokus dari pengendalian mutu adalah mengedepankan kualitas sebagai salah satu strategi bisnis yang berorientasi pada pelanggan dengan melibatkan seluruh SDM perusahaan”.

Allan percaya bahwa UNP melalui mahasiswa-mahasiswi D4 Manajemen Perhotelan dapat memberikan kontribus di industri pariwisata dalam membantu mengendalikan mutu pelayanan hotel-hotel di Sumatera Barat yang belum memiliki SOP melalui perancangan SOP yang direncanakan akan menjadi output atau project based mahasiswa pada Mata Kuliah Pengendalian Mutu. (PT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini