Padang TIME.com – Payakumbuh – Ketua TP-PKK kota Payakumbuh Ny.Henny Riza Falepi mengikuti Workshop Desa Emas yang diadakan pada tanggal 14 – 17 Januari 2020. Kegiatan yang bertema “Membangun Indonesia Emas 2045” ini diselenggarakan di D’Prima Hotel Cengkareng,Jakarta kegiatan ini merupakan kerjasama Genpro dan Yayasan Desa Emas Indonesia dan diikuti oleh pelaku pemberdaya masyarakat dari seluruh Indonesia.

Workshop Desa Emas merupakan pelatihan untuk pemberdayaan masyarakat desa atau kelurahan untuk menggali potensi dan keunggulannya sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kegiatan Desa Emas ini terinspirasi dari keberhasilan gerakan Saemaul Undong di Korea Selatan yang merupakan gerakan untuk membangun secara komprehensif desa-desa di Korea yang mengalami kemerosotan ekonomi akibat perang saudara.

Pelatihan ini memberikan dasar pemberdayaan masyarakat desa dalam berbagai aspek, Sehingga bisa diterapkan di desa atau kelurahan di Indonesia  pematerinya langsung dari YDEI, termasuk ketuanya Bapak Dr. Aries Muftie yang juga salah seorang anggota Komite Ekonomi dan Industri Nasional

Kegiatan itu juga dihadiri langsung oleh Pembina Yayasan Gerakan Desa Emas Indonesia Dr.Aries Muftie yang merupakan narasumber dalam kegiatan tersebut dan juga merupakan salah seorang anggota Komite Ekonomi & Industri Nasional

Dalam sambutannya Aries Muftie mengungkapkan untuk menjadikan desa emas itu tak akan mudah jika tidak dimulai dari dalam diri setiap warga desa emas itu lahir dari individu yang memiliki kepribadian dan karakter emas. Sehingga dari kepribadian yang diterapkan dan dimiliki oleh setiap warga. Maka akan terbentuklah desa emas

Aries menjelaskan, gerakan desa emas sebetulnya adalah gerakan yang memicu supaya masyarakat berpikir dari biasa-biasa saja bisa menjadi sesuatu yang luar biasa. Sebab pada dasarnya Tuhan itu menciptakan manusia untuk menjadi individu yang luar biasa

Ketua TP-PKK Kota Payakumbuh Ny.Henny Riza Falepi mengatakan program desa emas itu merupakan program yang luar biasa, yang harus kita miliki adalah semangat juang dan kerja keras untuk memajukan daerah dan masyaratnya.

“Setiap manusia yang memiliki semangat juang, itu nomor satu. Kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas sampai tuntas. Selanjutnya memiliki semangat malu menjadi benalu. Tangan di bawah itu malu. Kemudian memiliki semangat gotong royong. Jika hal ini ada maka Insha Allah tidak akan ada yang bisa mengalahkan,” jelasnya.

Henny mengatakan bertemu dan berdiskusi dengan orang-orang hebat adalah hal yang sangat luar biasa. Banyak pengalaman mereka yang bisa digali khususnya untuk menjadi contoh bagi kota Payakumbuh menjadi lebih baik lagi.

Balang

LEAVE A REPLY