Kota Pariaman Daerah Pertama di Sumbar Terapkan Transaksi Pembayaran Melalui Layanan QRIS

0
43
PadangTIME.comĀ  – Kota Pariaman adalah daerah pertama di Provinsi Sumatera Barat yang menerapkan Sistem Transaksi Pembayaran melalui Layanan Scan Quick Response Indonesian Standar (QRIS).
Layanan QRIS merupakan sistem aplikasi baru dari PT. Bank Pembangunan Daerah Sumatera Barat atau Bank Nagari, dimana nasabah dapat melakukan transaksi pembayaran melalui scan QRIS yang ada pada Merchant atau penjual produk barang dan jasa yang mempunyai jenis bisnis online ataupun online.
Walikota Pariaman, Genius Umar sangat mengapresiasi upaya Bank Nagari sebagai mitra Pemko Pariaman dalam mewujudkan Kota Pariaman sebagai kota pintar atau smartcity salah satunya dengan aplikasi QRIS ini.
“Saya rasa langkah ini sangatlah tepat jika aplikasi QRIS ini kita terapkan di Kota Pariaman, dan saya sangat menyambut hal baik ini karena kita harus membiasakan bekerja cepat dengan aplikasi pintar yang dapat mempermudah sistem layanan transaksi pembayaran dalam transaksi apapun “, ungkapnya.
Sebelumnya, lanjut Genius, seminggu yang lalu saya melakukan pertemuan dengan Menteri Perdagangan membahas tentang persiapan peresmian Pasar Rakyat Pariaman pada bulan Maret mendatang.
Disamping itu, kita juga mendapat pencerahan dari Bapak Wamen Perdagangan, Jerry Sambuaga dan Kepala Perusahaan Gas Negara (PGN), Bapak Archandra Tahar tentang cara membuat sistem perdagangan dengan sistem digital dan juga dikasih tau bahwa Bank Indonesia (BI) memiliki program yang namanya QRIS ini.
“Tentu ini menjadi kabar baik Pemko Pariaman dan segera kita ambil langkah cepat sehingganya dilakukan persentase Layanan QRIS oleh Bank Nagari pada hari ini “, jelas pria yang merupakan Ketua KAGAMA Sumbar ini.
Kita harapkan sistem QRIS ini dapat membantu dan mempermudah pedagang dan pembeli di pasar tersebut dalam melakukan transaksi jual belinya.
Disamping itu, tujuan lain dari aplikasi ini ialah supaya kita tau berapa jumlah transaksi kita perhari dimana dapat dipantau dari QRIS ini, jika meningkat berarti pemerintah telah berhasil dalam menerapkan aplikasi pintar ini di Kota Pariaman.
Sebagai mitra kerjasama, Genius juga memberi kesempatan sebesar-besarnya kepada Bank Nagari untuk mengembangkan sistem Smartcity Plan yang dimiliki Bank BPD Sumbar tersebut agar dapat di aplikasikan di kota tabuik ini.
“Sekali lagi, saya memberikan apresiasi sebesar-besarnya kepada Bank Nagari atas inovasi ini, ini adalah satu dari banyaknya upaya kita dalam rangka mewujudkan Kota Pariaman sebagai kota smartcity “, tutur dia.
Sementara itu, Pemimpin Divisi Pemasaran Bank Nagari, Ardi Putra mengatakan aplikasi ini sangat UNGGUL : UNiversal dimana dapat menerima pembayaran aplikasi pembayaran apapun yang menggunakan QR Code, jadi masyarakat tidak perlu memiliki berbagai macam aplikasi pembayaran.
Gampang, untuk masyarakat sangat mudah, tinggal scan dan klik bayar. Sementara untuk Merchant juga mudah, tidak perlu memajang banyak QR Code, cukup satu QRIS yang dapat dipindai menggunakan aplikasi pembayaran QR apapun.
Untung, bagi pengguna karena dapat menggunakan akun pembayaran QR apapun untuk membayar, Merchant : cukup punya minimal 1 akun untuk menerima semua pembayaran QR Code.
Langsung, pembayaran dengan QRIS langsung diproses seketika. Pengguna dan merchant langsung mendapat notifikasi transaksi.
Disamping itu, juga memiliki Merchant Presented Mode (MPM) Statis, dengan cukup memajang satu sticker atau print-out. QRIS pengguna hanya melakukan scan, masukkan nominal, masukan PIN dan klik bayar.
Ardi menambahkan, untuk di Kota Pariaman sektor pariwisata baik akses untuk masuk, parkir dan UMKM akan kita lakukan penggunaan QRIS ini sehingga Kota Pariaman sudah bisa dikatakan sebagai kota digital dalam bentuk transaksi.
Ia juga menjelaskan, QRIS Bank Nagari ini diluncurkan tanggal 12 Maret 2020. Bank Nagari adalah Bank BPD ke dua di indonesia dan pertama di Sumatera untuk implementasi QRIS. Sementara untuk di Sumbar Kota Pariaman adalah daerah pertama.
Ardi juga mengumumkan bahwa, Bank Nagari pada tanggal 3 Desember 2020 yang lalu telah menerima penghargaan dari Bank Indonesia (BI) sebagai Perbankan Terbaik 1 Tahun 2020 Kategori Pelaksana Perluasan QRIS.
bebi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here