Kota Pariaman Akan Gelar Simulasi Bencana Kepada Masyarakat Kota

311

PadangTIME.com – Kota Pariaman, Kota Pariaman Provinsi Sumatera Barat berada di pesisir Barat Pulau Sumatera yang rawan terjadi gempa besar dan tsunami. Adanya pertemuan lempeng di dasar Samudra Indonesia menjadi ancaman bagi Kota Pariaman yang sewaktu- waktu dapat mengakibatkan gempa besar dan juga tsunami.

Dalam hal ini, tugas dari pemerintah adalah memberikan upaya perlindungan atas bencana bagi warga masyarakatnya salah satunya ialah dengan melakukan simulasi bencana.

Hal tersebut disampaikan oleh Walikota Pariaman, Genius Umar usai melakukan pertemuan dengan Lantamal II Padang di ruang kerjanya sore ini, Kamis (1/4).

Kedatangan Lantamal II Padang ke Kota Pariaman itu adalah menyangkut rencana kegiatan Simulasi Bencana tanggal 7 April 2021 yang lokasinya bertempat di Lapangan Ampalu, Desa Ampalu, Kecamatan Pariaman Utara Kota Pariaman.

Walikota Pariaman mengatakan, praktek simulasi bencana ini secara teknis akan dibimbing oleh Lantamal II Padang didampingi BPBD Kota Pariaman dimana pesertanya ialah masyarakat sekitar dan instansi terkait dalam hal penanggulangan bencana.

Adapun bentuk kegiatannya ialah bakti sosial pembagian sembako, penanaman mangrove, pemberian materi tentang penanggulangan bencana, dan kegiatan simulasi bencana tentang bagaimana tindakan yang akan dilakukan jika terjadi bencana gempa dan tsunami “, lanjut wako menjelaskan.

Dikatakannya, materi yang disampaikan diantaranya adalah potensi bencana yang dapat terjadi, jenis – jenis bencana dan upaya teknis yang dapat dilakukan saat terjadi bencana dan setelah terjadi bencana.

“Kegiatan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Diharapkan kegiatan ini dapat menambah wawasan agar semua pihak lebih waspada terhadap berbagai kemungkinan bencana yang dapat terjadi kapanpun dan dimanapun “, tutup Genius.

Kegiatan Simulasi Bencana Tingkat Nasional Tahun 2021 ini hanya dilaksanakan di tiga daerah di indonesia yakni di Kota Kupang Provinsi NTT, Provinsi Banten dan Kota Pariaman Provinsi Sumatera Barat.(PT/Ril)

Balang

LEAVE A REPLY