Komisi IV DPRD Padang Desak Pemko Bagikan Bantuan Sosial pada Warga

1080

Padang TIME.com- Koordinator Komisi IV yang juga Ketua DPRD Kota Padang Syafrial Kani, Komisi IV DPRD Kota Padang melakukan kunjungan ke Dinas Sosial Kota Padang, Selasa,(14/4) 

Komisi IV DPRD Kota Padang terus mengawal bantuan sosial bagi warga terdampak virus corona atau Covid-19 secara ekonomi. Bahkan Komisi IV mendesak Pemerintah Kota Padang segera membagikan bantuan sosial tersebut kepada warga.

Hadir pada kesempatan itu, Ketua Komisi IV Azwar Siri, Wakil Ketua Komisi IV Mastilizal Aye, dan anggota Komisi IV diantaranya Zulhardi Zakaria Latif, Muchlis, Zalmadi, Muhidi, Wismar Panjaitan, Yulhida Darwis, Dewi Susanti, dan Donald Ardi.

Pada kunjungan lapangan kali ini, Komisi IV didampingi Sekretaris DPRD Kota Padang Hendrizal Azhar, Kepala Bagian Arsip, Risalah, Persidangan dan Humas Marzuki, Kasubag Humas, Protokol dan Publikasi Elfauzi serta staf sekretariat DPRD Kota Padang.

Rombongan Komisi IV diterima langsung oleh Kepala Dinas Sosial Kota Padang Afriadi, Sekretaris Dinas Sosial Yoserizal dan bidang terkait di Aula Dinas Sosial Kota Padang.

Komisi IV DPRD Kota Padang Kunjungi Dinas Sosial, Pastikan Bantuan Bagi Warga Terdampak Covid-19 Segera Dibagikan. Ketua DPRD Kota Padang Syafrial Kani mengatakan, kunjungan ke Dinas Sosial Kota Padang tersebut dalam rangka evaluasi Komisi IV terkait kinerja Dinas Sosial Kota Padang dalam rangka penangan Covid-19.

“Masyarakat sudah mulai gelisah karena tak kunjung bantuan sosial bagi warga terdampak Covid-19 itu dibagikan,” ungkap Ketua DPC Partai Gerindra Kota Padang ini.

Makanya, kata Syafrial Kani, Komisi IV DPRD Kota Padang langsung “jemput bola” kelapangan mencari informasi penyebab bantuan itu belum sampai ke masyarakat.

“Kenapa bantuan yang diharapkan masyarakat belum sampai ke masyarakat. Itulah salah satu tujuan kami mencari kebenaran,” ungkapnya.

Komisi IV DPRD Kota Padang Kunjungi Dinas Sosial, Pastikan Bantuan Bagi Warga Terdampak Covid-19 Segera Dibagikan. Dikatakan Syafrial Kani, berdasarkan penjelasan Kepala Dinas Sosial Kota Padang, persoalnya terletak pada masalah data.

“Sebenarnya kalau data DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial, red) sudah lengkap, datanya jelas. Tapi data yang terdampak sampai hari ini belum valid di Dinas Sosial,” cakapnya.

Dikatakan Syafrial Kani, Kepala Dinas Sosial menegaskan bahwa pada hari Rabu, 15 April 2020, data tersebut sudah sampai ke kantor camat dan diproses untuk selanjutnya.”Tapi kami berharap data ini segera tuntas, dan bisa masyarakat kita berikan bantuan berdasarkan data yang valid tersebut,” pungkasnya.  Komisi IV DPRD Kota Padang Kunjungi Dinas Sosial, Pastikan Bantuan Bagi Warga Terdampak Covid-19 Segera Dibagikan. Sementara itu, Ketua Komisi IV DPRD Kota Padang Azwar Siri menyampaikan apresiasi kepada Kepala Dinas Sosial Kota Padang yang telah mengungkap fakta yang terjadi sebenarnya, sehingga bantuan sosial bagi warga yang terdampak Covid-19 belum kunjung dibagikan.

“Saya berterimakasih kepada Kepala Dinas Sosial yang telah mencoba menguraikan kondisi yang dihadapi secara lengkap di lapangan,” ujarnya.

Dikatakan Azwar Siri, selama ini anggota dewan selalu didesak oleh masyarakat. “Kenapa pendistribusian bantuan tak kunjung dilakukan? Dan tadi pertanyaan itu sudah terjawab,” jelasnya.

Dikatakan Azwar Siri, Dinas Sosial tak mau mengambil resiko. Dia tidak mau membagikan bantuan itu apabila datanya tidak fit.

Komisi IV DPRD Kota Padang Kunjungi Dinas Sosial, Pastikan Bantuan Bagi Warga Terdampak Covid-19 Segera Dibagikan. “Di berusaha secara maksimal, mefitkan data itu, sehingga pada saat pendistribusian tidak ada masalah lagi. Kenapa ini menjadi pertimbangan DPRD? Karena yang kita hadapi ada dua kelompok besar,” katanya.

“Pertama adalah kelompok masyarakat yang tergolong masyarakat miskin. Kedua, masyarakat yang tergolong ke dalam masyarakat terdampak Covid-19. Nah menurut pengamatan kami di lapangan, kelompok yang kedua itu jumlahnya juga cukup besar dan bisa saja lebih dari data-data masyarakat miskin,” sambungnya.

 Azwar Siri, mengatakan Dinas Sosial bertekad menuntaskan data tersebut, baru bantuan tersebut dibagikan.

DPRD sangat mendukung ini, namun jangan berlama-lama pula. Jadi kalau tadi ditargetkan hari Rabu, mudah-mudahan hari Rabu itu kita sudah menerima data yang valid,” cakap politisi Partai Demokrat ini.

Komisi IV DPRD Kota Padang Kunjungi Dinas Sosial, Pastikan Bantuan Bagi Warga Terdampak Covid-19 Segera Dibagikan. Kepala Dinas Sosial Kota Padang Afriadi mengapresiasi kunjungan Komisi IV DPRD Kota Padang sebagai mitra Dinas Sosial.

“Kenapa bantuan belum dibagikan? Karena kami menunggu data valid terlebih dahulu. Sampai sekarang kawan-kawan di lapangan masih memvalidkan data. Dan data itu DTKS,” ujarnya.

Dikatakannya, Data DTKS dibantu oleh pemerintah pusat melalui APBN. Sedangkan APBD Kota Padang membantu masyarakat yang tidak masuk data DTKS. Jumlah itu yang kami tunggu sampai sekarang untuk dibantu Rp200 ribu per KK, kemudian dikalikan tiga bulan. Ini yang kita bantu melalui lurah dan RT nanti yang mengantarkan ke masyarakat kita, sesuai by name by address,” urainya.Komisi IV DPRD Kota Padang Kunjungi Dinas Sosial, Pastikan Bantuan Bagi Warga Terdampak Covid-19 Segera dibagikan.(red)

Balang

LEAVE A REPLY